Hadiri Penandatanganan Pengalihan Pengelolaan PI, Bupati Rohil Bakal Aktifkan BLK

Bupati Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) hadiri acara penandatanganan perjanjian pengalihan dan pengelolaan participating interest (PI) 10 persen di wilayah kerja migas Siak di Provinsi Riau, antara PT Pertamina Hulu Energi Siak dengan PT Riau Petroleum Siak yang dihadiri Gubernur Riau H. Arsyad Juliandi Rachman, Bupati Siak, Bupati Bengkalis dan Bupati Rokan Hulu di Aula Pauh Janggi Gedung daerah jalan Pangeran Diponegoro Pekanbaru, Selasa (7/8/2018).

Pekanbaru, Oketimes.com - Bupati Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) hadiri acara penandatanganan perjanjian pengalihan dan pengelolaan participating interest (PI), 10 persen pada wilayah kerja migas Siak di Provinsi Riau, antara PT Pertamina Hulu Energi Siak dengan PT Riau Petroleum Siak.

Pada saat itu, tampak hadir Guburnur Riau H. Arsyad Juliandi Rachman, Bupati Siak, Bupati Bengkalis dan Bupati Rokan Hulu yang berlangsung di Aula Pauh Janggi Gedung daerah jalan Pangeran Diponegoro Pekanbaru, Selasa (7/8/2018).

Penandatanganan ini merupakan wujud komitmen dan perhatian pemerintah pusat sebagai implementasi Peraturan Menteri ESDM Republik Indonesia nomor 37 tahun 2016 tentang ketentuan penawaran Participating Interest (PI) 10 persen pada wilayah kerja minyak dan gas bumi.

Beberapa wilayah kerja migas yang ada di provinsi Riau, menurut data rekapitulasi Dinas ESDM Provinsi Riau yang akan berakhir pada masa kontraknya, termasuk wilayah kerja Blok Migas Rokan, meliputi wilayah administrasi Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Kabupaten Siak, Kabupaten Kampar, Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

"Pada kesempatan ini, kita Pemerintah Provinsi Riau meminta pihak-pihak yang terkait dalam pengelolaan hak daerah sesuai amanat Peraturan Menteri ESDM Dari data dinas ESDM Provinsi Riau untuk melakukan percepatan proses pengalihan PI 10 persen dari pemerintah pusat melalui BUMN PT. Pertamina (Persero) dengan BUMD di daerah yang ditunjuk oleh pemerintah daerah provinsi Riau," kata Gubri dalam sambutannya.

Gubri juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada komponen masyarakat, terlebih khusus pada Lembaga Adat Melayu Riau, Mahasiswa dan seluruh pihak yang mendukung terhadap kontribusi bagi daerah Riau sebagai penghasil Minyak dan Gas.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Rohil, H Suyatno menyampaikan apresiasi yang sangat besar atas peristiwa ini. Menurunya, PI 10 Persen merupakan kabar baik bagi kabupaten Rokan Hilir. Karena, selain akan menambah pendapatan daerah, juga akan menyerap tenaga kerja operasionalnya.

"Kita akan memacu tenaga lokal yang berasal dari putra putri terbaik Rokan Hilir dan kita mulai dari Perencanaan untuk mengaktifkan kembali Balai Latihan Kerja (BLK) melalui Disnaker kita," pungkasnya. (adv/jd)


Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait