Home / Hukrim / Sita 1 Kg Sabu dan Uang Tunai Rp16 Juta, Polsek Rumbai Pesisir Tangkap Tiga Pengedar Narkotika

Sita 1 Kg Sabu dan Uang Tunai Rp16 Juta, Polsek Rumbai Pesisir Tangkap Tiga Pengedar Narkotika

Sita 1 Kg Sabu dan Uang Tunai Rp16 Juta, Polsek Rumbai Pesisir Tangkap Tiga Pengedar Narkotika
Humas Polresta For Okertimes.com
Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto SIK SH MH yang diwakili Kapolsek Rumbai Pesisir Kompol Ardinal Efendi, SH MH didampingi Kanit Reskrim Polsek Rumbai Pesisir Iptu Selamat dan Paur Humas Polresta Ipda Budhia Dianda saat menggelar Press Release Pengungkapan Peredaran Sabu di Loby Polsek Rumbai Pesisir, Rabu (7/8/2018) pagi.

Pekanbaru, Oketimes.com - Kepolisian Sektor Rumbai Pesisir Resta Pekanbaru, berhasil mengamankan kurang lebih 1 Kg Sabu dan meringkus 3 pelaku penyalagunaan Narkotika jenis sabu dalam waktu dan tempat berbeda sepekan terakhir ini.

Ketiga pelaku penyalagunaan Narkotika itu diketahui, bernama Fery Naldo alias Naldo, Alzuriat alias Zul dan Rozi alia Ozi, warga Jalan Pangeran Hidayat Gg Teladan Kelurahan Tanah datar Kec Pekanbaru Kota. Ketiga, pelaku diamankan petugas, dalam waktu dan tempat  berbeda.

Dari hasil pengungkapan ketiga pelaku penyalagunaan Narkotika jenis sabu tersebut, Tim berhasil mengamankan 1 KG sabu, satu plastik klep bening seharga 2.5 juta atau setengah kantong, 18 Paket sedang dan kecil untuk diperjual belikan oleh ketiga pelaku. Selain barang bukti sabu, petugas juga menyita uang tunai Rp16 juta lebih dan 1 unit sepeda motor merk Honda Vario warna putih BM 2525 TG.

Berdasarkan Press Release yang digelar Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto SIK SH MH yang diwakili Kapolsek Rumbai Pesisir Kompol Ardinal Efendi, SH MH didampingi Kanit Reskrim Polsek Rumbai Pesisir Iptu Selamat dan Paur Humas Polresta Ipda Budhia Dianda di Loby Polsek Rumbai Pesisir, Rabu (7/8/2018) pagi.

Kapolsek Rumbai Pesisir mengatakan bahwa pengungkapan ketiga pelaku peredaran Narkotika tersebut dilakukan Tim Opnal Reskrim Polsek Polsek Rumbai Pesisir Resta Pekanbaru, setelah mendapatkan informasi yang terpercaya dari masyarakat kepada petugas, bahwa di Jalan Cikditiro Gg Ubudiah akan ada transaksi Narkotika jenis sabu sabu, sehingga Tim Unit Reskrim Polsek melakukan pengembangan penyelidikan.          

Atas informasi tersebut, Kapolsek Rumbai Pesisir Kompol Ardinal Efendi SH MH memerintahkan Kanit Reskrim Iptu Selamet beserta anggota Opsnal untuk melakukan penyelidikan. Setelah dilakukan penyelidikan, ternyata info tersebut benar ada di TKP Jalan Cikditiro Gg. Ubudiah akan terjadi transaksi narkotika jenis sabu ditemu dua orang pelaku yang dicurigai pada Minggu 31 Juli 2018 malam.  

Tepat Senin 1 Agustus 2018 sekira pukul 01.30 WIB, setelah target dinyatakan positif sebagai pelaku atau pengedar shabu langsung dilakukan penangkapan dan penggeledahan terhadap kedua pelaku yang mengaku bernama bernama Fery Naldo alias Naldo dan Alzuriat alias Zul.

Ditempat pelaku berada, petuga menemukan satu kotak rokok sampurna yang didalamnya berisi sabu sebanyak satu plastik klep bening seharga 2.5 juta untuk diperjual belikan yang didapat dari seseorang bernama Rozi di Jalan Pangeran Hidayat kota Pekanbaru.

Berdasarkan keterangan kedua tersangka Naldo dan Zul terang Kapolsek Rumbai Pesisir, selanjutnya Tim melakukan pengembangan penyelidikan terhadap pelaku Rozi. Sehingga tepat Selasa 31 Juli sekira pukul 09.30 Wib, didapat informasi pelaku Rozi sedang berada di rumah orang tuanya di Jalan Pangeran Hidayat Gg Teladan Kelurahan Tanah datar Kec Pekanbaru kota.

Mendapat informasi itu, Tim segera meluncur ke TKP dan melakukan penangkapan serta pengeledahan badan Rozi, akan tetapi sempat barang bukti sabu tidak ditemukan. Namun, setelah dilakukan pemeriksaan terhadap sepeda motor merk vario warna putih BM 2525 TG yang diakui milik pelaku ditemukan barang bukti dalam jok sepeda motor sebanyak satu paket besar kurang lebih seberat 1 Kg dan 18 paket sedang dan kecil.

Merasa cukup bukti atas perbuatan pelaku, selanjutnya tim menggelandang Rozi dan barang bukti ke Polsek Rumbai Pesisir, guna dilakukan pengusutan lebih lanjut, dan setelah diperiksa pelaku yang mengaku bernama Misrian Syahrozi alias Rozi.

Setibanya, di Maposlek Rumpes, Rozi mengaku mendapatkan barang tersebut dari kiriman seseorang betinisial A, yang berada di daerah palembang (DPO).

Mantan Kapolsek Tenayan Raya juga mengatakan untuk di TKP satu yakni Jalan Cikditiro Gg. Ubudiah petugas berhasil mengamankan barang bukti sabu 1 buah plastik bening ukuran sedang yang berisikan sabu dengan istilah setengah kantong paket Rp2.5 juta, 47 plastik kosong ukuran kecil, satu unit hape Merk Stobery warna biru, sebuah sendok yang terbuat dr cotton but dari tersangka Fery Naldo alias Naldo dan Alzuriat alias Zul.  

Sedangkan di TKP kedua, yakni di rumah pelaku Rozi di Jalan Pangeran Hidayat Pekanbaru, tim berhasil mengamankan barang bukti sebuah tas jinjing warna hijau merk kencana LG, yang berisikan satu plastik berwarna hijau tulisan china dan bertuliskan qing shan berisi kristal bening diduga sabu seberat kurang lebih 1 satu kg.

Kemudian 3 (tiga) paket sedang plastik bening ukuran sedang yang berisikan diduga sabu sabu seberat 76,63 gram, 15 (lima belas) paket kecil plastik bening diduga berisi sabu seberat 80.26 gram, sebuah tas sandang merk expresion club warna coklat muda berisikan uang tunai sebesar Rp.16 juta lebih dan 1 (satu ) unit sepeda motor merk vario warna putih BM 2525 TQ

Terkait pengunkapan tersebut ketig pelaku diduga telah melanggar pasal 114 (1) dan pasal 112(1) UU no. 35 tahun 2009, tentang Narkotika ancaman maksimal 12 tahun penjara.

Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto SIK SH MH yang diwakili Kapolsek Rumbai Pesisir Kompol Erdinal Efendi SH MH menyatakan, penyelidikan ini sudah lama dilakukan dan berdasarkan informasi dari masyarakat kita berhasil mengungkap peredaran narkoba jenis sabu-sabu di daerah kota Pekanbaru.

"Polsek Rumpes bekerjasama dengan Sat Narkoba Polresta Pekanbaru dan Direktorat Narkoba Polda Riau akan melakukan pengembangan peredaran narkoba hingga kota asal barang haram tersebut Palembang," tutup Kapolsek. (ars)

 

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.