Home / Pendidikan / Prajurit TNI Setia dan Tepati Janji di Lapangan Dirgantara AAU

Prajurit TNI Setia dan Tepati Janji di Lapangan Dirgantara AAU

Prajurit TNI Setia dan Tepati Janji di Lapangan Dirgantara AAU
Kepala Penerangan AAU For Oketimes.com
Kalimat demi kalimat dalam Sapta Marga ini dengan lantang dan penuh keyakinan diserukan oleh Serda Andy Suryono, anggota Satuan Kerja Gudang Akademi Angkatan Udara, di lapangan ‘Dirgantara’ AAU, Senin 6 Agustus 2018.

Yogyakarta, Oketimes.com - "Kami prajurit Tentara Nasional Indonesia setia dan menepati janji serta Sumpah Prajurit", Kalimat demi kalimat dalam Sapta Marga ini dengan lantang dan penuh keyakinan diserukan oleh Serda Andy Suryono, anggota Satuan Kerja Gudang Akademi Angkatan Udara, di lapangan ‘Dirgantara’ AAU, Senin 6 Agustus 2018.

Upacara Bendera yang dilangsungkan setiap hari Senin dalam setiap bulannya, merupakan suatu hal yang sudah biasa. Tidak heran apabila mendengar suara bergema dari lapangan pada hari sebelumnya. Itu berarti gladi resik sedang digelar.
 
Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Direktur Administrasi AAU Kolonel Kal Ismail Manan, S.E, M.M dan bertugas sebagai Perwira Upacara adalah Letda Sus Riki Handri Muchlis, S.T dari Siswa Kursus Intensif Bahasa Inggris (KIBI) Angkatan 27 yang sedang belajar di AAU.

Sebelum upacara dilangsungkan, Perwira Upacara harus memastikan kelengkapan upacara telah siap di lapangan Dirgantara. Bahwa, pasukan sudah siap, dan Komandan upacara telah memasuki lapangan upacara menuju tempat yang telah ditentukan.

Setelah semua kelengkapan upacara telah siap, Letda Sus Riki melaporkan kepada Irup bahwa upacara sudah siap dimulai. Selanjutnya Irup menuju mimbar upacara. Mars TNI Angkatan Udara yang berjudul Swa Bhuwana Paksa yang berarti Sayap Tanah Air dinyanyikan oleh seluruh peserta.  

Pengibaran bendera Merah Putih dilaksanakan oleh tiga personel Satuan Polisi AAU. Sedangkan, mengheningkan cipta dipimpin oleh Irup untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur berjuang demi kemerdekaan Republik Indonesia. Selain itu, pembacaan Pancasila selanjutnya dibacakan oleh Irup dan ditirukan oleh seluruh peserta upacara.

Pengucapan Sapta Marga semakin menggugah semangat kejuangan. Diikuti lagu Andhika Bhayangkara untuk memantapkan tekad menunaikan tugas yang diemban. Tidak lupa doa dipanjatkan untuk memulai pekerjaan hari ini.

Pasukan yang melengkapi upacara bendera selain dari seluruh anggota AAU. Terdiri dari kesatuan Korps Musik atau Genderang Sangkakala dari Taruna, Perwira Menengah satu satuan setingkat kompi. Perwira Pertama satu satuan setingkat kompi, Perwira Siswa KIBI dua satuan setingkat kompi.

Taruna sejumlah satu Wing, sedangkan kesatuan Bintara danp Tamtama satu satuan setingkat kompi. Serta PNS terdiri dari satu satuan setingkat kompi pula.

Komandan upacara kali ini adalah Mayor Tek Rahmat Darmawan. Pada akhir upacara dibacakan hal-hal penting sebagai pengumuman bagi seluruh anggota AAU.

Satuan Kerja (Satker) Pembinaan Mental AAU membacakan renungan bintal : "Mereka yang berbahagia bukanlah mereka yang hidup tanpa masalah, tapi mereka yang trampil mengelola setiap masalah menjadi penuh hikmat, itulah yang berbahagia. Setiap masalah yang datang menyapa bukan untuk menjatuhkan. Tetapi untuk menguji seberapa mampukah kita bertahan dalam masalah tersebut".

Oleh Pemandu Acara diumumkan pula rencana acara serah terima jabatan Kepala Departemen Matra yang akan dilaksanakan pada pukul 13.00 Wib siang hari di ruang VIP 2 Mako AAU. Serta rencana pengarahan Gubernur kepada Pasis KIBI Perwira PK A-27 tahun 2018 di ruangan yang sama.***

Authentikasi Kepala Penerangan AAU, Mayor Sus Sanra Michiko,S.Sos, Photographer AAU Serka Agus Riyanto.

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.