Home / Pendidikan / UIN Suska Riau Deklarasi Setia NKRI, Anti Hoax dan Radikalisme

UIN Suska Riau Deklarasi Setia NKRI, Anti Hoax dan Radikalisme

UIN Suska Riau Deklarasi Setia NKRI, Anti Hoax dan Radikalisme
Ist
Ketua DPRD Riau, Kapolda Riau, Danrem 031 Wirabima, Kejaksaan Tinggi Riau, para Rektor Perguruan Tinggi se- Riau, Kepala BIN Wilayah Riau, Kepala Kemenag Riau, Kepala PBNU Riau dan tamu undangan lainnya saat menggelar Apel Akbar dan Sholawat Kamis 26 Juli 2018 sore di halaman gedung rektorat UIN Suska Riau

Pekanbaru, Oketimes.com - Bertajuk "Mewujudkan Akademisi Hebat dan Berwawasan Moderat untuk Indonesia Kuat serta Deklarasi Setia NKRI, Anti Hoax dan Radikalisme". UIN Suska Riau bekerjasama dengan Forkopimda Provinsi Riau, menggelar Apel Akbar dan Sholawat.

Kegiatan yang dilangsungkan Kamis 26 Juli 2018 sore di halaman gedung rektorat UIN Suska Riau itu dipadati masa berseragam hitam putih yang dilengkapi dengan ikat kepala Merah Putih.

Dimulai pukul 15.00 WIB, acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Mahasiswa serta Mars UIN Suska Riau dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran. Sejenak kemudian seluruh hadirin pun berdiri, peserta dan seluruh hadirin serentak mengucapkan deklarasi ikrar kesetiaan NKRI, dipandu kepala Biro AAK UIN Suksa Riau, Drs. H. Eramli Jantan Abdullah, MM.

Selesai pengucapan Ikrar, dilanjutkan pengalungan tanda peserta Pengenalan Budaya Akademik dan kemahasiswaan (PBAK) UIN Suska Riau oleh Rektor UIN Suska Riau, Prof. Dr KH. Ahmad Mujahidin, SAg, MAg.

Gubernur Riau diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Riau Ahmad Hijazi SE dalam sambutannya menyampaikan, Radikalisme dan Terorisme merupakan paham yang menempuh perubahan dan sosial politik dengan kekerasan. Dimana ini sangat bertentangan dengan Islam, yang mengajarkan kedamaian. Makanya Radikalisme dan Terorisme merupakan kejahatan lintas negara, mengancam perdamaian daerah, nasional dan internasional.

"Untuk itu perlu adanya penanggulangan dan perhatian serius dari semua elemen bangsa. Baik secara terpusat, terpadu dan terorganisasi," kata Dia.

Rektor UIN Suska Riau Ahmad Mujahidin dalam sambutannya tak henti-hentinya memompa dan memotivasi, mengobarkan semangat juang mahasiswa, dan peserta apel lainnya. Juga mengingatkan akan pentingnya kesetiaan pada NKRI.

"Otak anda boleh Amerika, Suriah, Madinah dan Makkah, tapi jiwa raga anda Indonesia. Karena secara rill dan de fakto anda semua lahir di Indonesia," ujar Rektor.

Rektor juga tak lupa mengingatkan anti Hoax, ditengah gempuran arus informasi di dunia maya diera digital saat ini, waspada terhadap paham-paham radikalisme yang kian gencar menyerang bangsa kita, tak terkecuali di UIN Suska Riau saat ini. Untuk itu, rektor mengajak agar tabayyun, cross check terhadap informasi dan paham-paham yang masuk.

Sementara, Kapolda Riau, Irjen Pol Drs. H. Nandang, MH dalam sambutannya menyampaikan, perlunya proses dalam mencapai tujuan dalam kehidupan.

"Sebagai mahasiswa, anda adalah siswa yang dimahakan dengan jati diri dan kwalitas diri. Sebagai mahasiswa sudah harus memiliki kecerdasan. Baik kecerdasan intelektual, kecerdasan spritual dan kecerdasan emosional. Jadikan kecerdasan-kecerdasan tersebut, sebagai pedoman dalam bertindak," ungkap Nandang.
 
Ikut hadir dalam acara tersebut antaralain Ketua DPRD Riau, Kapolda Riau, Danrem 031 Wirabima, Kejaksaan Tinggi Riau, para Rektor Perguruan Tinggi se- Riau, Kepala BIN Wilayah Riau, Kepala Kemenag Riau, Kepala PBNU Riau dan tamu undangan lainnya. (mcr)

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.