Home / Pemerintahan / Pemprov Riau Terima Penghargaan BKN Award 2018

Pemprov Riau Terima Penghargaan BKN Award 2018

Pemprov Riau Terima Penghargaan BKN Award 2018
Ist
Kepala BKD Provinsi Riau, Ikhwan Ridwan saat menerima penghargaan dari Kepala BKN Bima Haria Wibisana di cara Indonesia Convention Exhibition (ICE) Tangerang Banten, Rabu 11 Juli 2018

Pekanbaru, Oketimes.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau berhasil meraih penghargaan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Award 2018 dalam Pengelolaan Kepegawaian Terbaik Kategori Provinsi.

Penghargaan itu diberikan bersempena dengan kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian yang dilaksanakan oleh BKN pada Rabu 11 Juli 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Tangerang Banten.

Pada kesempatan itu, Pemprov Riau diwakili Kepala BKD Provinsi Riau, Ikhwan Ridwan langsung menerima penghargaan tersebut dari Kepala BKN Bima Haria Wibisana.

Kepala BKD Provinsi Riau, Ikhwan Ridwan ketika dikonfirmasi melalui sambungan teleponnya pun membenarkan informasi tersebut. "Ya, tadi kita menerima penghargaan BKN Award tingkat provinsi bersama empat provinsi lainnya," kata Ikhwan pada awak media Rabu 11 Juli 2018.

Tidak lupa, dia mengucapkan terima kasih kepada BKN yang melaksanakan penilaian atas kinerja pemprov Riau selama ini, terutama kepada Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman yang terus memberikan dukungan dan motivasi  untuk perbaikan pelayanan dibidang kepegawaian.

"Kemudian kepada bapak Wakil Gubernur, pak Sekda serta seluruh jajaran BKD yang telah bekerja secara maksimal untuk terus melakukan perbaikan pelayanan kepegawaian," tambahnya.

Selain Riau, ada empat provinsi yang menerima penghargaan tingkat provinsi yaitu, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Sulawesi Utara, Provinsi Bali dan Provinsi Jawa Barat.

BKN dalam siaran persnya menyebutkan, bahwa BKN award diberikan kepada instansi pemerintah pengelola kepegawaian terbaik sepanjang tahun 2017.

Adapun tujuh kriteria instansi pemerintah yang laik untuk menerima BKN award ini, meliputi: perencanaan formasi, pelayanan pengadaan, kepangkatan dan pensiun, implementasi Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK), Pemanfataan Computer Asissted Test (CAT).

Selanjutnya, penilaian Kompetensi Aparatur Sipil Negara, implementasi Penilaian Kinerja Pegawai, komitmen pengawasan dan pengendalian. Yang mana, ketujuh kriteria tersebut dijabarkan dalam dalam 22 point penilaian.

Kemudian dalam melakukan penilaian untuk menentukan instansi mana saja yang laik menerima anugerah BKN Award tersebut, Tim BKN Award juga telah melakukan tahapan alur kerja penilaian sebagai berikut: pembuatan validasi dan alat ukur, penyebaran instrumen dan penilaian, pengolahan data penilaian yang sudah terkumpul, dan terakhir validasi pemenang.

"Penghargaan ini bukan tujuan akhir pelayanan kami, justru ini menjadi penyemangat kami untuk melakukan perbaikan pelayanan kepegawaian di provinsi riau dan motivasi untuk BKD dalam bekerja ke depannya," kata pria yang juga salah satu wakil ketua di pengurus wilayah NU Riau ini. (adv)

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.