Home / Hukrim / Jual Elektronik Curian Sama Polisi, Pelaku Curat Lima TKP Ditangkap

Jual Elektronik Curian Sama Polisi, Pelaku Curat Lima TKP Ditangkap

Jual Elektronik Curian Sama Polisi, Pelaku Curat Lima TKP Ditangkap
Humas Polresta Pekanbaru For Oketimes.com
Tersangka RZ alias Riki bersama barang bukti curat saat diamankan di Mapolsek Tampan Resta Pekanbaru, Rabu 4 Juli 2018 dini hari sekira pukul 02.30 WIB.

Pekanbaru, Oketimes.com - Sepandai - pandainya tupai melompat akhirnya jatuh juga, ungkapan ini sepertinya cocok dialamatkan kepada pelaku pencurian dengan pemberatan (curat) yang berhasil dibekuk Polsek Tampan Pekanbaru, Rabu 4 Juli 2018 dini hari sekira pukul 02.30 Wib.

Pelaku curat itu berinisial RZ alias Riki (30) tahun, warga Jalan Rambutan Kel. Sidomulyo Timur Kec. Tampan Pekanbaru. Ia ditangkap petugas, saat hendak transaksi jual beli barang elektronik hasil curian lewat PJBO (Pekanbaru Jual Beli Online di Simpang empat Pasar Pagi Arengka atau tepatnya di Jalan Soekarno Hatta Pekanbaru pada Rabu 4 Juli 2018 dini hari.

Dari tangan pelaku, petugas berhasil mengamankan barang bukti sejumlah barang elektronik hasil curiannya seperti satu 1 unit TV LED Merk Samsung 32 inchi, 1 unit Laptop Merk ACER Type Centrino 32", 1 unit Laptop Merk Toshiba L 645 Core i 3 14 " (DPB), 1 unit celengan Dora warna biru putih, dengan total nilai rupiah mecapai Rp 8 juta.

Kepada petugas, pelaku mengakui bahwa barang bukti yang diamankan tersebut merupakan hasil pencurian dengan pemberatan alias curat yang dilakukannya selama ini di lima TKP milik warga kota Pekanbaru.

TKP pertama, pelaku berhasil membobol rumah milik Aswandi warga Jalan Srikandi I Kel. Delima Kec.Tampan Kota Pekanbaru. Di rumah tersebut, pelaku berhasil menggasak satu 1 unit TV LED Merk Samsung 32 inchi, 1 unit Laptop Merk ACER Type Centrino 32",  1 unit Laptop Merk Toshiba L 645 Core i 3 14 " (DPB), dan 1 unit celengan Dora warna biru putih milik korban.

Selanjutnya TKP dua, berada di Jalan Melati Indah Kel. Delima Kec Tampan, Jalan Srikandi Perum Insani Block G No. 20 Kel. Delima, Jalan Paus Kel. Sidomulyo Timur Kec. Marpoyan Damai, dan Jalan Tuanku Tambusai Kel. Delima Kec. Tampan.

Dari hasil pengembangan tersebut, diperoleh Barang bukti berupa satu unit TV Merk Sharp warna putih dan uang logam di dalam tas dari TKP Perum Insani dan 1 unit Laptop Merk Acer dari TKP Jalan Srikandi.

Informasi yang dirangkum dari Polresta Pekanbaru, sebelum pekaku RZ alias Riki diamankan petugas, Selasa 3 Juli 2018 sekira pukul 19.00 Wib, korban Aswandi (27) warga Jalan Srikandi I Kel. Delima Kec. Tampan Kota Pekanbaru, mendapati daun pintu rumah bagian belakang sudah di rusak dan dijebol.

Selanjutnya korban masuk kedalam rumah dan melihat TV LED Merk Samsung 32 " dan 2 (dua) unit Laptop Toshiba dan Acer sudah tidak ada begitu juga dengan celengan Dora juga sudah tidak ada dan melaporkan peristiwa tersebut ke Mapolsek Tampan Pekanbaru.  

Usai mendapatkan laporan korban, petugas melakukan penyelidikan dan mencurigai adanya barang-barang elektronik disebuah PJBO (Pekanbaru Jual Beli Online) persis barang-barang yang hilang milik korban. Petugas pun sepakat melakukan transaksi dengan pelaku untuk melakukan jual beli 1 (satu) unit TV LED Merk Samsung 32 inchi milik korban.

Pelaku menjual barang elektronik TV LED tersebut dengan harga Rp 1,3 juta. Tak mau ketinggalan buruan, pelaku dan petugas pun deal dan akan bertemu dengan petugas dengan melakukan penyamaran (undercover) transaksi jual beli TV di simpang Empat Pasar Pagi Arengka dan pada saat itu pula pelaku dan barang bukti diamankan serta digelandang ke Polsek Tampan.

Kapolresta Pekanbaru KBP Susanto SIK SH MH melalui Paur Humas Ipda Budhi Dianda saat dikonfirmasikan Senin 9 Juli 2018 siang, membenarkan adanya penangkapan seorang pelaku curat di enam TKP di Pekanbaru saat bertransaksi dengan under cover personel Polsek Tampan di Simpang Pasar Pagi Arengka Pekanbaru pada Rabu 4 Juli 2018 dini hari sekira pukul 02.30 Wib.

"Iya benar, pelaku curat yang diamankan merupakan spesialis pembobol rumah. Saat ini pelaku dan barang buktinya, sudah diamankan di Mapolsek Tampan Resta Pekanbaru, guna dilakukan proses penyelidikan lebih lanjut," papar Budhi.

Terkait perbuatan pelaku lanjut Budhi Dianda, pelaku terancam dikenakan Pasal 363 KUHPidana, tentang tindak pidana pencurian dengan ancaman kurangan 7 tahun penjara. (ars)

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.