Home / Nasional / Hasil Hitung Cepat LSI di 10 Provinsi

Pilkada Serentak 2018

Hasil Hitung Cepat LSI di 10 Provinsi

Hasil Hitung Cepat LSI di 10 Provinsi
Ist
ILustrasi, Pilkada serentak 2018.

Jakarta, Oketimes.com - Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI), Denny J.A, mengumumkan pemenang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di 10 provinsi versi hitung cepat (quick count) yang dilaksanakan LSI pada Rabu, 27 Juni 2018.

"Selamat datang kepada 10 gubernur di 10 provinsi. Ini data Insya Allah valid. Saya buat disclaimer bahwa nanti yang berlaku tetap pengumuman KPUD karena otoritas resmi yang mengumumkan siapa menang kalah adalah KPUD," kata Denny dalam konferensi pers hasil quick count LSI di Kantor LSI, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu sore

Ia mengatakan, umumnya KPU akan mengumumkan hasil pemilu dalam 2-3 minggu sejak hari pemungutan suara. Oleh karena itu pihaknya ingin mengumumkan hasil lebih dini, karena LSI juga disebutkannya sudah mengerjakan lebih dari 200 quick count dan tidak ada satupun yang meleset.

"Rakyat berhak tahu siapa pemimpin terpilih hari ini juga. Ilmu pengetahuan, statistik, teknologi sudah ditemukan. Kita sudah tahu 2-4 jam setelah TPS ditutup. Maka kita lanjutkan. Sejak 2004 LSI selalu umumkan quick count di hari H," katanya.

Adapun variabel-variabel yang mempengaruhi kemenangan para gubernur dan wakil gubernur disebutkannya adalah terkait dengan politik identitas, siapa yang menguasai kantong-kantong suara, pesona tokoh, serta bekerjanya mesin politik dalam 2 minggu terakhir. Sebab di masa tersebut dikatakannya, migrasi suara yang paling masif dan besar terjadi.

Adapun Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih di Pilkada 2018 versi LSI Denny J.A adalah sebagai berikut:

1. Sumatera Utara    : Edy Rahmayadi - Musa Rajekshah (57,16%)

2. Sumatera Selatan : Herman Deru - Mawardi Yahya (35,74%)

3. Jawa Barat          : Ridwan Kamil - Uu Rizalul Ulum (32,98%)

4. Jawa Tengah       : Ganjar Pranowo - Taj Yasin (58,31%)

5. Jawa Timur         : Khofifah Indar Parawangsa- Emil E. Dardak (54,29%)

6. Nusa Tenggara Barat  : Zulkieflimansyah- Sitti Rohmi Djalilah (30,81%)

7. Kalimantan Barat       : Sutarmidji - Ria Norsan (58,29%)

8. Kalimantan Timur      : Isran Noor - Hadi Mulyadi (31,60%)

9. Sulawesi Selatan         : Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman (42,89%)

10. Maluku                    :  Murad Ismail - Barnabas Orno (40,36%)


Sumber : Suara Pembaharuan

 

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.