Home / Serba Serbi / Sambut Idul Fitri 1439 H, Pawai Takbir di Siak Dilepas Plt Bupati

Sambut Idul Fitri 1439 H, Pawai Takbir di Siak Dilepas Plt Bupati

Sambut Idul Fitri 1439 H, Pawai Takbir di Siak Dilepas Plt Bupati
Diskominforsantik Siak For Oketimes.com
Plt Bupati Siak, Alfedri melepas rombongan pawai takbir yang dilaksanakan di Jalan Raja Kecik, depan Komplek Abdi Praja, Kamis 14 Juni 2018 malam.

Siak, Oketimes.com - Plt Bupati Siak, Alfedri melepas rombongan pawai yang melakukan takbiran yang diikuti oleh masyarakat Dayun, Siak, Mempura dan Bungaraya yang begitu antusias dengan dikawal oleh Kepolisian, dan Dinas Perhubungan.

Pembukaan pawai takbir dilaksanakan di Jalan Raja Kecik, depan Komplek Abdi Praja, Kamis 14 Juni 2018 malam. Pria yang akrab disapa Bang Al ini dalam sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan pawai takbiran Idul Fitri 1439 Hijriyah merupakan upaya umat islam untuk mensyi’arkan nilai-nilai Islam.

Alfedri berpesan, para pengendara motor dan kendaraan roda empat agar tertib berlalu lintas dan menghormati kendaraan lainnya. Selain itu melalui pawai takbir idul fitri ini hendaknya mampu menumbuhkan nilai-nilai ukhuwah islamiah dan silaturahmi.

"Pawai takbir ini merupakan wadah syiar Islam dan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1439 H. Saya pesan kepada masyarakat yang merayakan idul fitri untuk menjaga silaturahmi dan saling memaafkan di hari raya yang suci ini," ucapnya.

Alfedri juga menyampaikan ucapan selamat hari raya idul fitri serta permintaan maaf kepada masyarakat kabupaten Siak, jika selama ini khilaf, baik itu perkataan maupun perbuatan.  

Pawai takbir yang diadakan setiap tahun di Siak itu diikuti perwakilan dari 4 kecamatan, Organisasi Perangkat Daerah, organisasi masyarakat Islam, serta mushola dan masjid di masing-masing kecamatan.

Pawai juga diperlombakan dengan total hadiah Rp 54 juta dan tropi. Penilaian pawai takbir antara lain lafadz dan suara, dekorasi, kerapian dan keserasian, serta kekompakan, dan pemenangnya akan diumumkan pada saat pelaksanaan shalat ied esok pagi.

Pantauan di lapangan, pada umumnya peserta pawai membuat mobil hias miniatur masjid dan anak-anak berjalan kaki sambil membawa obor. Sementara itu, warga berbondong-bondong datang sambil duduk di pinggir jalan. Mereka ingin melihat dari dekat kemeriahan pawai takbir Idul Fitri yang dilaksanakan.

Sementara untuk pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1439 Hijriah dipusatkan di pelataran pentas Siak Bermadah dan akan dialihkan ke Masjid Sultan Syarif Hasyim Komplek Islamic Center Siak. (hms/man)

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.