Home / Nasional / Panglima TNI dan Kapolri Dianugerahi Gelar Raja Penjaga NKRI

Panglima TNI dan Kapolri Dianugerahi Gelar Raja Penjaga NKRI

Panglima TNI dan Kapolri Dianugerahi Gelar Raja Penjaga NKRI
Puspen TNI for oketimes.com
Panglima TNI Masekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dianugerahi gelar Raja Penjaga NKRI oleh Datuk Sila Dendeng Lombok H. Lalu Muhammad Putria MPd juga sekaligus Ketua Forum Silaturahmi Keraton Nusantara di Makorem 164/WB, Jl. Lingkar Selatan No. 99, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Rabu 30 Mei 2018.

NTB, Oketimes.com - Panglima TNI Masekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dianugerahi gelar Raja Penjaga NKRI oleh Datuk Sila Dendeng Lombok H. Lalu Muhammad Putria MPd juga sekaligus Ketua Forum Silaturahmi Keraton Nusantara di Makorem 164/WB, Jl. Lingkar Selatan No. 99, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Rabu 30 Mei 2018.

Adapun nama gelar yang dianugerahi Panglima TNI yaitu Raja Pemban Agung Yudhe Negare dan Keris Pusaka Dirte Yudhe Ayuning Jagat dan Kapolri yaitu Pating Lage Muter Jagad dan Keris Pusaka Dirte Yudhe Muter Jagat.

Pemberian gelar tersebut dilakukan saat kedua petinggi TNI dan Polri berkunjung ke Pulau Lombok dalam rangka Safari Ramadhan bersama seluruh personel TNI - Polri se-Nusa Tenggara Barat dan merupakan penghargaan yang tertinggi kepada kedua pejabat TNI-Polri sesuai dengan bidangnya.

Pemberian gelar ini dimaksudkan pengukuhan sekaligus pengakuan masyarakat Lombok, khususnya bahwa Panglima TNI merupakan pemimpin dalam menjaga kedaulatan dan kemartabatan negara baik dari dalam maupun luar negeri.

Sedangkan gelar yang diberikan kepada Kapolri yakni sebagai pemimpin tertinggi dalam menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat seluruh nusantara.

Dalam petuah Sasak tentang menjaga keamanan yang berbunyi Peririq Bale Langgak Gubuk Gempeng Bumi pair memiliki arti bersama-sama dalam menjaga tanah air. masyarakat Sasak sesuai dengan peninggalan leluhur bahwa dalam rangka menjaga keamanan itu harus bersinergi antara pemimpin dengan masyarakat, tanpa kebersamaan dan sinergitas mustahil keamanan dapat terwujud.

Penganugerahan itu ditandai dengan pengalungan selendang dan hand bouquet yang disaksikan diantaranya, Ketua Umum Dharma Pertiwi Ibu Nanny Hadi Tjahjanto, Asintel Panglima TNI Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono, aslog Panglima TNI Laksda TNI Bambang Nariyono, Kapuspen TNI Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah, Dan Kops Brimob Irjen Polisi Rudi Sufahriadi dan Kapusbintal TNI Laksma TNI Budi Siswanto.***

Autentikasi :Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Sus Taibur Rahman.

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.