Home / Sosial / Jelang Cuti, Bupati Rohil Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid di Batu Empat

Jelang Cuti, Bupati Rohil Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid di Batu Empat

Jelang Cuti, Bupati Rohil Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid di Batu Empat
JD
Bupati Rokan Hilir, H Suyatno saat melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid Ad Dakwah di Batu Empat, Bagan Punak Meranti, Kecamatan Bangko, Minggu (11/2/2018) pagi.

Bagansiapiapi, Oketimes.com - Menjelang masa cuti kampanye yang jatuh pada Kamis 15 Februari 2018, Bupati Rohil H Suyatno akan menyerahkan tahtanya kepada wakilnya H Jamalludin, lantaran ikut maju di Pilgubri sebagai cawagub.  

Salah satu serangkaian kegiatan terkahirnya sebagai Bupati, Suyatno menghadiri peletakan Batu Pertama di Masjid Ad Dakwah di Batu Empat, Bagan Punak Meranti, Kecamatan Bangko, Minggu (11/2/2018) pagi.

Masjid yang dinilai strategis ini, merupakan pengembangan. Lantaran sebelumnya, bangunan tersebut masih kecil, sementara jamaah selalu ramai. Terkait hal itu, pihak pengelola dan masyarakat sepakat membangun masjid baru, dengan anggaran yang dibutuhkan mencapai Rp.1 miliar.

Namun sampai saat ini, dana yang terkumpul baru sekitar Rp.60 juta yang dikumpul oleh pengurus Masjid dan sumbangan dari masyarakat. Sebagai wujud kepedulian pemerintah, Bupati Rokan Hilir pada APBD-P 2018 nanti, berencana akan memberikan bantuan untuk pembangunan masjid.

Sementara untuk tahap  pertama, Bupati Roakn Hilir, memplot dana Rp 150 Juta dengan bantuan CSR Bank Riau Kepri. Sedangkan Surya Arfan yang juga hadir memberikan sumbangan pribadi sebesar Rp.10 juta, turut hadir pada saat itu dan menyerhakan langsung kepada pengurus.

"Saya senang mendengar hal yang luar biasa itu bisa terkumpul dana Rp.60 juta dan kita pasti bantu baik secara pribadi maupun dari anggaran. Dalam APBD-P akan kita masukan juga anggarannya 500 juta dan harapaan kita bisa terealisasi pembangunannya bisa segera tercapai," ujar Suyatno.

Masjid Ad Dakwah yang saat ini, masih berukuran 12x12, nantinya akan dibangun lebih besar, dengan ukuran 16x16, lahannya merupakan milik Lembaga Dakwah Indonesia (LDI) Kabupaten Rokan Hilir. Dulunya merupakan Musholla, sehingga pada 2004 lalu, diresmikan menjadi Masjid. Seiring waktu berjalan, jamaah semakian ramai, baik maayarakat tempatan maupun orang yang singgah untuk solat berjamaah.

Sekretaris Masjid Ad Dakwah, Zaini mengatakan saat memasuki bulan Ramadahan dan Salat Idul Fitri dan Idul Adha serta Salat Jumat, pengurus harus memasang tenda, lantaran terbatasnya ruangan Masjid. "Paling lama, target kita 2020 nanti, kalau bisa ya lebih cepat lagi, sehingga impian masyarakat bisa terwujud," kata Zaini.

Peletakan Batu Pertama itu langsung dilakukan Bupati H Suyatno diikuti salah seorang anggota DPRD Rohil, H Bahtiar dan Sekda Rohil. Bupati diberikan kesempatan untuk mengecor batu dengan camburan semen yang telah disediakan.

Tampak di lokasi juga sudah dimulai pembangunan, apalagi sejumlah material bangunan seperti batu batu, pasir cor dan batu serta lainnya sudah disediakan di sekitar masjid. (Jd)

 

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.