Home / Pemerintahan / Jelang Peringatan Hari Lahir Pancasila, Sekdakab Bengkalis Pimpin Rapat Panitia

Jelang Peringatan Hari Lahir Pancasila, Sekdakab Bengkalis Pimpin Rapat Panitia

Jelang Peringatan Hari Lahir Pancasila, Sekdakab Bengkalis Pimpin Rapat Panitia
Diskominforsantik Bengkalis to oketimes.com
Sekretaris Daerah Bengkalis H. Bustami HY didampingi Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Hermanto, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Haholongan saat memimpin rapat peringatan Hari Pancasila di ruang rapat Lantai II Kantor Bupati Bengkalis.

Bengkalis, Oketimes.com – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila ke-73 pada tanggal 1 Juni mendatang, Pemerintah Kabupaten Bengkalis, melaksanakan rapat panitia bertempat di ruang rapat Lantai II Kantor Bupati Bengkalis, Kamis 24 Mei 2018.

Rapat ini menindaklanjuti Keputusan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang menetapkan, 1 Juni 1945 sebagai Hari Kelahiran Pancasila, sesuai Keppres nomor 24 tahun 2016 tentang Hari Lahirnya Pancasila.

Rapat yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah H. Bustami HY dan dihadiri oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Hermanto, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Haholongan, Kasdim 0303 Bengkalis Mayor. Inf. Dedyk Wahyu Widodo, Pelaksana tugas Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Bengkalis Johansyah Safri dan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya.

Dalam arahannya, Bustami menuturkan bahwa berbagai persiapan harus dirancang dengan baik, seperti komandan upacara, perwira upacara, peserta yang akan dilibatkan serta petugas-petugas lainnya yang terlibat pada acara tersebut.

"Hendaknya apel peringatan Hari Lahir Pancasila bukan hanya seremonial belaka, tetapi kita semua harus tahu maknanya. Untuk itu kami tekankan kepada seluruh ASN yang ditugaskan untuk apel, agar hadir," katanya.

Mengingat pada pelaksanaan peringatan Hari Lahri Pancasila, merupakan hari libur nasional, Sekda mengintruksikan setiap Perangkat Daerah untuk menugaskan ASN untuk mengikuti apel. "Nanti setiap Perangkat Daerah membuat SPT kepada ASN yang ditugaskan untuk apel, kemudian diabsensi di lapangan," ujarnya.

Pada peringatan Hari Lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni nanti, dijadwalkan yang bertindak sebagai inspektur upacara yaitu Bupati Bengkalis, Amril Mukminin, yang bertugas sebagai komandan upacara yakni Wakapolres Bengkalis Kompol Ade Zamrah.

Perwira upacara Kasdim 0303 Bengkalis Mayor. Inf. Dedyk Wahyu Widodo, dan ikuti peserta apel dari Aparatur Sipil Negara (ASN), Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Pimpinan Instansi Vertikal di Lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis, TNI, Polri, tokoh masyarakat, Organisasi Kepemudaan (OKP) serta sejumlah mahasiswa dan pelajar.

Selanjutnya, dijadwal jugs setelah pelaksanaan Apel peringatan Hari Lahir Pancasila akan dilakukan ziarah ke makam Pahlawan Kusuma Kesatria jalan Pramuka Bengkalis. Adapun tema Hari Lahir Pancasila ke 73 yakni Bersatu, Berbagi, Berprestasi.***

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.