Home / Pemerintahan / Menteri Agama Tetapkan Puasa Ramadan 2018 Mulai Kamis Ini

Menteri Agama Tetapkan Puasa Ramadan 2018 Mulai Kamis Ini

Menteri Agama Tetapkan Puasa Ramadan 2018 Mulai Kamis Ini
Ist
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat mengelar konfrensi Pers di Kantor Kementerian Agama Jalan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (15/5/2018).

Jakarta, Oketimes.com - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bersyukur, umat muslim Indonesia kembali menjalani awal puasa Ramadan 1439 H pada hari yang sama, yaitu Kamis 17 Mei 2018 pekan ini.

Keputusan itu, ditetapkan melalui sidang itsbat yang digelar pada Selasa (15/5/2018). Ketetapan pemerintah itu, sama seperti pada jadwal yang telah ditentukan oleh Muhammadiyah.

"Hasil sidang itsbat tadi menetapkan 1 Ramadan jatuh pada hari Kamis, tanggal 17 Mei 2018," kata Lukman di Kantor Kementerian Agama Jalan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (15/5/2018).

Lukman menjelaskan, dalam sidang itsbat telah diterima laporan terkait dengan dua hal. Pertama, posisi hilal, dan kedua laporan dari pelaku rukyat hilal yang diselenggarakan di 95 titik seluruh Indonesia.

Peserta sidang itsbatdipimpin Menteri Agama pun mendengarkan kesaksian dari pelaku rukyat tersebut.

Dalam sidang itsbat itu dilaporkan bahwa posisi hilal dinyatakan di Indonesia masih dibawah ufuk, yaitu berkisar minus 1 sampai 0 derajat dua menit.

Dari pelaku rukyatul hilal yang tersebar di 95 titik lanjut Lukman, sampai dengan sidang itsbat berlangsung, sudah diterima dari 32 pelaku, yang melaporkan tidak satu pun yang berhasil melihat.

"Maka sebagaimana kententuan selama ini kami pegang, sebagaimana fatwa MUI, bulan syaban bulan ini kita sempurnakan dengan istiqmal. Maka malam hari ini 30 syaban," tandas Lukman.***

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.