Home / Lingkungan / BMKG Deteksi 25 Titik Panas di Riau

BMKG Deteksi 25 Titik Panas di Riau

BMKG Deteksi 25 Titik Panas di Riau
int
Ilustrasi, Petugas BMKG saat memantau titik hot spot di ruang multi data perkiraan cuaca di indonesia.

Pekanbaru, Oketimes.com - Sejumlah titik panas atau hotspot kembali terdeteksi di sejumlah wilayah di Pulau Sumatera. Dari 37 titik yang terdeteksi, 25 titik diantaranya berada di Riau, Selasa (15/5/2018).

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, Sukisno, mengatakan bahwa 37 hotspot di Sumatera tersebut tersebar di 6 provinsi.

"Di Aceh 1 titik, Jambi 5 titik, Lampung 1 titik, Sumatera Barat 4 titik, Sumatera Selatan 1 titik dan Riau 25 titik," ujar Sukisno, Selasa (15/5/2018).

Dikatakan Sukisno, 25 hotspot yang berada di Riau tersebar di Bengkalis 3 titik, Dumai 2 titik, Pelalawan 6 titik, Siak 11 titik, Rohil 1 titik, dan Inhil 2 titik.

"Dari jumlah tersebut 3 diantaranya memiliki titik konfidence di atas 70 persen. Ini berarti diduga ada kegiatan kebakaran lahan dan hutan di wilayah tersebut. Tiga wilayah itu berada di Bengkalis, Dumai dan Siak. Masing-masing satu titik," ungkapnya.

Meskipun banyak bermunculan titik panas, peluang hujan yang turun di Riau cukup besar.

"Siang ini potensi hujan ringan terjadi di sebagian wilayah Rohil, Rohul, Kota Dumai, Bengkalis, Kampar, Kuansing, Inhu, dan Inhil," tutur Sukisno.

Ia mengatakan pada malam hari potensi hujan ringan terjadi di sebagian wilayah Rohil, Rohul, Kota Dumai, Kampar, Kuansing, Inhu, dan Inhil.

"Sementara pada dini hari potensi hujan ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kampar, Kuansing, Inhu, Pelalawan, dan Bengkalis," ungkapnya.

Suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 - 34.0 °C dengan kelembapan udara 50 - 96 %. Sementara arah angin berhembus ke Tenggara hingga Selatan dengan kecepatan 09 - 27 km/jam. (mcr)

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.