Home / Senibudpar / Wabub Sukiman: Objek Wisata Air Panas Suaman Segera Dibenahi

Komitmen Pemkab Rohul Membangun Sektor Pariwisata

Wabub Sukiman: Objek Wisata Air Panas Suaman Segera Dibenahi

Wabub Sukiman: Objek Wisata Air Panas Suaman Segera Dibenahi
Diskominforsantik Rokan Hulu to oketimes.com
Wakil Bupati Rohul H Sukiman bersama pejabat instansi terkait saat melakukan inspeksi mendadak ke Objek Wisata Air Panas Suaman di Desa Rambah Tengah Hulu, Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu, Riau, Kamis (25/1/2018)

Pasir Pangaraian, Oketimes.com - Demi meningkatkan sektor pariwisata disegala bidang, dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), menunjukan Keseriusannya dalam membenahi serta mengembangkan tempat pariwisata yang ada di daerahnya. Salah satu objek wisata yang akan segera di kembangkan Pemkab Rohul, adalah objek air panas Suaman, yang berada di desa Rambah Tengah Hulu di Kecamatan Rambah.  

Sebagai wujud komitmen tersebut, Wakil Bupati Rohul, Kamis (25/1/2018) kemarin, melakukan inspeksi mendadak ke Objek Wisata yang saat ini masih dikelola oleh pemerintah desa Rambah Tengah Hulu itu. Dalam inspeksi tersebut, Wabup didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan kebudayaan Rohul Drs. Yusmar MSi, Kepala Dinas PUPR Rohul Anton ST MM, Tokoh masyarakat Rohul EH. Daulay dan mantan sekda Rohul Syafrudin.  

Dalam kesempatan itu, Wabup Rohul Sukiman mengatakan, pada prinsipnya, Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu memiliki keinginan besar dalam membenahi seluruh Objek Pariwisata yang ada di Rohul. Namun terbatasnya kemampuan keuangan daerah, mengharuskan pemerintah melakukan pembenahan dan pengembangan objek wisata secara bertahap.
 
Wabup menilai, Objek Wisata Air Panas Suaman, merupakan salah satu objek wisata rohul yang yang memiliki potensi besar dalam peningkatan ekonomi masyarakat sekitar. Apalagi, Objek wisata ini, sudah dikenal hingga ke daerah luar, meski fasilitas di objek wisata ini masih seadanya.  

"Pemkab berniat membenahi Objek wisata tersebut sehingga lebih tertata baik, indah dan nyaman dikunjungi. "Ini adalah salah satu potensi wisata kita yang cukup besar. Untuk itu kita lihat langsung kesini, apa kira-kira yang bisa dikembangkan. Tentunya dengan niat bukan hanya rencana, rencana sudah lama berpuluh tahun tapi tak ada perubahan. Prinsip kita tidak banyak bicara tapi  banyak kerja," tegas Wabup.
 
Mantan Dandim Inhil itu mengatakan, untuk kebijakan jangka pendek, dirinya telah memerintahkan Dinas PUPR untuk segera memperbaiki akses jalan dan jembatan ke Objek wisata ini. Bahkan di akuinya, pemerintah juga akan membuat Lahan Parkir yang repsentatif di kawasan pemandian Air panas alam ini.

Sementara untuk pengembangan jangka panjang, pemerintah nantinya juga akan membuat Perencanaan yang matang dengan menggunakan ahli arsitektur profesional.

"Kita harapkan dengan perencanaan yang matang,  pengembangan yang dilakukan akan lebih baik,  karena perencanaan sangat menentukan baik tidak nya pelaksanaan pembangunan yang akan dilakukan," tegasnya.  

Disinggung terkait lahan di objek wisata Air Panas Suaman, yang sebagian besar masih dimiliki oleh masyarakat, Wabup mengaku dirinya akan melakukan pembicaran dengan masyarakat terkait hal ini.  

"Dalam membangun objek ini tentunya Kita akan bersama-sama dengan masyarakat yang punya diajak bicara karena  kebaikan objek ini adalah kebaikan untuk Rokan Hulu bukan hanya satu orang saja," ujarnya.  

Niat Pemkab Rohul untuk mengembangkan Objek wisata Air Panas Suaman ini, mendapat sambutan Positif dari Tokoh Masyarakat Rohul Syafrudin. Pria yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Daerah Rohul itu, menyatakan siap mendukung rencana pemerintah, dengan catatan pengembangan benar-benar dilakukan untuk kepentingan masyarakat. "Demi kemajuan kampung kita dan kesejahteraan masyarakat saya akan mendukung niat pemerintah ini," katanya.
 
Syafrudin menambahkan,  jika nantinya rencana pemerintah untuk membangun dan mengembangkan objek wisata air panas Suaman ini terwujud,  dia berharap,  pemerintah tidak asal-asalan dalam melakukan.  

"Saya berharap objek ini dibangun secantiknyalah, biar masyarakat tidak kecewa, jangan sampai orang datang kesini sampai bilang apa yang mau dilihat disini, malu saya, jika ini baik mudah-mudahan kan nama daerah kita juga ikut terangkat," tuturnya. (Adv/hum)

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.