Home / Hukrim / Satu DPO, Polisi 'Gulung' Pembeli dan Pengedar Sabu di Lubuk Dalam Siak

Satu DPO, Polisi 'Gulung' Pembeli dan Pengedar Sabu di Lubuk Dalam Siak

Satu DPO, Polisi 'Gulung' Pembeli dan Pengedar Sabu di Lubuk Dalam Siak
Istimewa
Tersangka ST (39), RM (29), AP (60) dan SP (55) dan barang bukti sabu saat diamankan di Mapolsek Lubuk Dalam Kabupaten Siak, Riau, Jumat 11 Mei 2018 sekira pukul 21.00 WIB malam.

Lubuk Dalam-Siak, Oketimes.com - Tim Unit Reskrim Polsek Lubuk Dalam Polres Siak, berhasil mengungkap penyalagunaan narkoba jenis sabu di wilayahnya. Dalam hitungan jam, Polsek Lubuk Dalam berhasil menangkap empat pelaku penyalagunaan narkoba jenis sabu dan mengamankan 4 paket sabu pada Jumat 11 Mei 2018 sekira pukul 21.00 WIB.

Keempat pelaku penyalagunaan narkoba jenis sabu itu, diketahui berinisial ST (39) warga Lubuk Dalam, RM (29) warga Kec. Sungai Mempura, AP (60) warga Desa Sialang Sakti Kec. Dayun dan SP (55) warga Kec. Tualang Kabupaten Siak, Riau. Keempat pelaku diamankan polisi dari dua TKP yang berbeda-beda.

Mereka diamankan dari Jalan Simpang KUD Kampung Rawang Kao Kec. Lubuk Dalam Dalam dan dari Jalan Pertamina Simpang Kilometer 11 Desa Rawang Kao Kec. Lubuk Dalam Kab. Siak

Dari tersangka ST petugas mengamankan satu bungkus paket diduga Narkotika jenis sabu dengan berat kotor 0,10 gram, satu buah HaPe merk Nokia, uang tunai sebanyak Rp. 75.000, satu buah dompet warna Hitam dan satu unit kendaraan roda dua merk Honda Jupiter Z.

Sedangkan dari tersangka RM (29) diamankan 4 bungkus paket diduga Narkotika Jenis Sabu dengan Berat Kotor 1,29 gram, sebuah tas pinggang warna hitam dan sebuah HaPe warna hitam merk Strawbery.

Informasi yang dirangkum dari Kepolisian, sebelum keempat pelaku penyalagunaan diamankan Polisi. Petugas mendapat informasi dari masyarakat bahwa pelaku ST sering melakukan transaksi narkoba jenis sabu di Simpang KUD Kampung Rawang Kao Kecamatan Lubuk Dalam.

Kemudian Polsek Lubuk Dalam atas Perintah Kapolsek AKP Deswandi SH, langsung memerintahkan Kanitres Ipda Musa H Sibarani S.Psi, MSi bersama tiga orang personel menuju TKP.

Setibanya di TKP tersangka ST bersama seorang wanita berinisial RN, sedang duduk diatas sepeda motor merk Yamaha Z dan langsung dilakukan pengeledahan. Saat di geledah, polisi menemukan diatas rumput satu bungkus yang isinya diduga Narkotika jenis Sabu yang berada di dekat tersangka.

Tersangka pun mengakui bahwa satu bungkus plastik yang isinya diduga Narkotika jenis Sabu tersebut adalah miliknya yang kemudian polisi langsung mengamankan tersangka ST dan RN ke Polsek Lubuk Dalam.

Setibanya dua pelaku tersebut di Mapolsek, petugas melakukan interogasi kepada tersangka ST dan menanyakan dari mana satu bungkus plastik yang isinya diduga Narkotika jenis Sabu itu didapat. Tersangka ST pun mengatakan bahwa ia membeli dari tersangka SP dan tersangka SP mendapat satu barang yang diduga Narkotika tersebut dari tersangka RS dengan harga Rp. 200.000.

Dimana tersangka SP mendapat upah dari tersangka RS sebesar Rp. 100.000, tetapi uang tersebut belum diberikan. Kemudian anggota Polsek Lubuk Dalam, langsung melakukan penangkapan terhadap tersangka RS, yang pada saat itu sedang berada di Pasar Malam dan langsung mengamankan Kepolsek Lubuk Dalam.

Sesampainya di Polsek Lubuk Dalam, Anggota Polsek kembali melakukan penggeledahan dan didapati 4 (empat) buah bungkus kecil yang isinya diduga Narkotika jenis Sabu didalam tas pinggang warna hitam yang dipakai tersangka RS.

Saat ditanyakan kepada tersangka RS, dari mana mendapatkan empat buah bungkus kecil yang isinya diduga Narkotika jenis Sabu tersebut. Tersangka RS mengatakan mendapatkan dengan cara membeli dari tersangka AP seharga Rp. 1.300.000 (satu juta tiga ratus ribu Rupiah), akan tetapi baru membayar Rp. 400.000 (Empat ratus ribu Rupiah).

Begitu mendapat informasi tersebut dari tersangka RS, kemudian Anggota Polsek Lubuk Dalam langsung menuju ketempat AP berada di Jalan Pertamina Simpang kilometer 11 Desa Rawang Kao Kecamatan Lubuk Dalam. Setibanya disana, anggota Polsek Lubuk dalam langsung melakukan penangkapan terhadap tersangka AP.

Dari keterangan tersangka AP, ia mendapatkan barang yang diduga Narkotika jenis Shabu tersebut dari BY (DPO) dan langsung membawanya ke Polsek Lubuk dalam untuk penyelidikan lebih lanjut. Selanjutnya empat orang pelaku tersebut digiring ke Mapolsek Lubuk Dalam, guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Kabid Humas Polda Riau AKBP Sunato saat dikonfirmasikan Sabtu (12/05/2018) sore, membenarkana adanya penangkapan empat pelaku penyalagunaan narkoba jenis sabu dan barang bukti sabu yang dilakukan Polsek Lubuk Dalam Polres Siak pada  Jumat 11 Mei 2018 sekira pukul 21.00 WIB.

"Ya benar, keempat pelaku dan barang buktinya saat ini sudah diamankan di Mapolsek Lubuk Dalam wilayah Polres Siak, guna dilakukan proses penyelidikan lebih lanjut. Sedangkan seorang ditetapkan dpo," pungkas Sunarto. (ars)        

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.