Home / Nasional / Panglima TNI Ingatkan Seluruh Prajurit Harus Netral Selama Pilkada

Panglima TNI Ingatkan Seluruh Prajurit Harus Netral Selama Pilkada

Panglima TNI Ingatkan Seluruh Prajurit Harus Netral Selama Pilkada
Puspen TNI for oketimes.com
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, SIP saat mengikuti Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan (Rapim Kemhan RI) Tahun 2018 di Gedung A.H Nasution, Kemhan RI, Jakarta Pusat, Kamis (11/1/2018).

Jakarta, Oketimes.com - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto kembali mengingatkan seluruh prajuritnya, untuk menjaga dan memegang teguh prinsip netralitas selama "tahun-tahun politik" pada Pilkada serentak 2018 hingga Pemilu 2019.

Hadi menekankan netralitas itu dalam acara perayaan Natal bersama keluarga besar TNI wilayah Gartaf 1/ Jakarta tahun 2017 di GOR A. Yani, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (12/1/2018).

"Netralitas TNI sejatinya kehendak rakyat Indonesia. Diamanahkan dalam Undang-Undang 34 tahun 2004 tentang TNI. Selain itu, netralitas wujud nyata dari TNI," ujar Hadi.

Kemudian, Hadi melarang anggotanya untuk masuk ke dalam politik praktis. Untuk itu, ia telah mengeluarkan Instruksi Panglima TNI tentang Pedoman Netralitas TNI dalam pemilu dan pilkada.

"Saya menegaskan, posisi prajurit TNI untuk tetap netral dalam Pilkada serentak 2018 dan Pemilu 2019," tegas panglima.

Sebagaimana di informasikan, Pilkada serentak 2018 akan diikuti 171 daerah di Indonesia. Dengan rincian 17 provinsi, 39 kota, dan 115 kabupaten. Beberapa provinsi di antaranya adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.***

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.