Home / Politik / Verifikasi Faktual, KPU Sambangi DPD PSI Pekanbaru

Verifikasi Faktual, KPU Sambangi DPD PSI Pekanbaru

Verifikasi Faktual, KPU Sambangi DPD PSI Pekanbaru
andi

PEKANBARU, Oketimes.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru mendatangi kantor DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Pekanbaru, Jalan Palapa No. 19, Jumat (22/12/2017). Kedatangan ini dalam rangka melakukan verifikasi faktual kepengurusan partai dan domisili kantor.

Ketua KPU Kota Pekanbaru, Amiruddin Sijaya, MM yang hadir langsung dalam kesempatan itu menyampaikan, verifikasi faktual yang dilakukan KPU ini guna memastikan keberadaan pengurus serta domisili kantor secara langsung, sebagaimana dengan yang diamanatkan undang-undang.

Kunjungan yang hanya berlangsung sekitar 30 menit tersebut, setelah melakukan pengecekan, Amiruddin menyatakan bahwa PSI Pekanbaru bisa dikatakan sudah memenuhi syarat, tinggal menunggu keputusan lulus atau tidak lulus yang merupakan kewenangan KPU pusat.

"Sesuai SK kepengurusan yang diajukan ke kita, hari ini kita mengecek langsung dan sesuai dengan pengurus yang hadir saat ini. Kita juga cek domisili kantor, juga sesuai dengan surat keterangan domisili yang dikeluarkan pemerintah setempat," kata Amiruddin Sijaya.

Ketua KPU Pekanbaru juga mengingatkan soal verifikasi keanggotaan yang saat ini prosesnuya tengah berjalan. Agar pengurus bisa bekerja maksimal dan tidak terfokus pada hal-hal yang bersifat seremonial saja. Jika dari hasil verifikasi tersebut ada data anggota yang belum memenuhi syarat (BMS), KPU masih memberikan kesempatan masa perbaikan.

Dalam kesempatan yang sama, komisioner KPU Pekanbaru, Arwin Saidi turut memberikan apresiasi atas kerja keras anak-anak muda yang menggawangi PSI. Dari 73 partai yang berkompetisi, PSI mampu masuk dalam 30 besar. Setelah melalui tahap penyaringan, PSI akhirnya berhasil lolos 12 besar. 

"Ini merupakan prestasi luar biasa," kata Arwin Saidi di hadapan pengurus DPD PSI Pekanbaru. 

Usai kunjungan KPU, Ketua DPD PSI Kota Pekanbaru, Karnoto Gondo Suwandiko menyampaikan, pengurus DPD PSI Pekanbaru sangat optimis optimis lolos verifikasi faktual. "Tadi KPU telah menyampaikan, setelah melakukan pengecekan ke kantor kita, DPD PSI sudah memenuhi syarat," kata Karnoto.

Saat ini, KPU melalui tim juga tengah melakukan verifikasi faktual keanggotaan. Dalam hal ini Karnoto juga yakin PSI Pekanbaru akan lolos. "Tinggal menunggu pengumumannya saja," singkat Karnoto. (andi)

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.