Home / Khazanah / Plt Bupati Siak Buka MTQ Ke-XVII Tingkat Sungai Apit

Plt Bupati Siak Buka MTQ Ke-XVII Tingkat Sungai Apit

Plt Bupati Siak Buka MTQ Ke-XVII Tingkat Sungai Apit
Diskominforsantik Siak For Oketimes.com
Plt Bupati Siak H. Alfedri hadiri acara sekaligus membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke XVII Tingkat Kecamatan Sungai Apit, di kelurahan Sungai Apit, Kecamatan Sungai Apit, Selasa 24 April 2018 malam.

Siak, Oketimes.com - Plt Bupati Siak H. Alfedri hadiri acara sekaligus membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke XVII Tingkat Kecamatan Sungai Apit, di kelurahan Sungai Apit, Kecamatan Sungai Apit, Selasa  24 April 2018 malam.

Dalam sambutannya, Alfedri mengungkapkan rasa kagumnya terhadap pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan Sungai Apit ini.

"Meskipun hanya pembukaan MTQ tingkat Kecamatan, akan tetapi serasa tingkat Kabupaten. Ini terlihat dari bangunan astakanya yang megah, bazarnya yang ramai dan juga antosias masyarakat yang luar biasa untuk melihat pembukaan MTQ ini, saya sangat kagum," ucapnya bangga.

Lanjut Alfedri, dengan adanya pelaksanaan MTQ ini, diharapkan mampu meningkatkan minat membaca Al Qur’an, sehingga nantinya tidak ada masyarakat yang tidak bisa membaca Al Qur’an yang dapat melahirkan qari dan qariah yang akan mengharumkan nama daerah.

Cabang pertandingan yang di perlombakan adalah, cabang tilawah golongan tartil anak-anak, remaja dan dewasa. Kaligrafi 4 golongan, terdiri dari golongan naskah, hiasan mushaf dan dekorasi kontemporer.

Kemudian cabang syarhil qur'an beregu putra dan putri serta Pawai ta'ruf tingkat kafilah kelurahan/kampung, tingkat SD /MI, SMP dan  SMA, serta cabang Bazar tingkat kelurahan/Kampung.

Sementara Camat Sungai Apit Suparni menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Siak yang terus mendukung pihak kecamatan dalam berbagai helat untuk kepetingan masyarakat.

Ia berharap ajang MTQ yang rutinitas dilaksanakan tidak hanya kegiatan serimoni saja, melainkan menjadi evaluasi untuk menjadi lebih baik dalam menanamkan minat baca, memahami isi dan kandungan serta menjadikan al Qur'an sebagai pedoman dalam kehidupan dunia menuju akhirat yang jauh lebih baik.

"Tantangan globalisasi yang mengharus kita membentengi generasi kita dengan penguatan pengetahuan keagamaan. Seperti, program magrib mengaji, pembangunan ponpes setiap Kecamatan termasuk Kecamatan Sungai Apit, Darul Qur'an Siak di Lalang yang melahirkan hafis dan hafizoh," ujar Suparni.

Suparni juga menyebutkan keberhasilan ini tentu tak terlepas partisipasi dukungan segenap lapisan masyarakat.

Selanjutnya dia berterimakasih kepada panitia dan segenap lapisan masyarakat yang secara bersama sehingga pelaksanaan MTQ XVII Kecamatan Sungai Apit mulai dari pelepasan pawai, pembukaan bazar hingga pembubukaa MTQ dapat berjalan lancar dan mari kita ramaikan hingga malam penutupan.

"Kepada peserta selamat berlomba semoga sukses, jangan pernah lelah dan menyenangkan. Semoga Allah SWT meridhoi kita semua," tutupnya. (man)

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.