Haul Sultan Siak, Alfedri Ajak Generasi Jaga Amanah Titipan Sultan Siak

Berbagai kalangan dimulai dari Habib maupun tokoh agama, tokoh masyarakat serta keluarga besar Resam keluarga Kerajaan Siak dan masyarakat turut meramaikan acara Haul Sultan Siak yang dipusatkan di lapangan Siak bermadah depan Istana Siak, Minggu 22 April 2018.

Siak, Oketimes.com - Berbagai kalangan dimulai dari Habib maupun tokoh agama, tokoh masyarakat serta keluarga besar Resam keluarga Kerajaan Siak dan masyarakat turut meramaikan acara Haul Sultan Siak yang dipusatkan di lapangan Siak bermadah depan Istana Siak, Minggu 22 April 2018.

Acara haul Sultan diadakan setiap tahun ini merupakan sebagai ajang menjalin kembali tali silaturahmi dan haul akbar kesultanan Siak yang dulu sangat berjasa dalam membangun kerajaan Siak maupun kepada republik Indonesia.

Turut hadir dalam acara Letjen Purn Sarwan Hamid, Anggota DPR RI Dapil Riau Sayed Abu Bakar Abdullah, tamu-tamu yang berasal dari Singapura, Malaysia, Pangeran Sri Relawangsa Tan Sri Syed Yusuf Bin Tun Syed Nasir beserta rombongannya dari Malaysia dan berbagai daerah di Indonesia yang merupakan keluarga keturunan Sultan Siak.

Dalam sambutannya Tengku Muhtar Anom dari Kekerabatan Resam Keluarga Kerajaan Siak, mengatakan setiap tahun kegiatan ini digelar dengan tujuan untuk menjalin tali silaturahmi serta memberikan dorongan kepada masyarakat untuk merenungi dan mencontoh kepahlawanan Sultan Siak, baik terhadap Negara Indonesia, maupun di negri Siak sendiri.

"Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahunnya, dengan tujuan memperingati Sultan Siak. Tujuan utamanya agar tali silaturahmi kita tidak putus dan tetap kuat. Kedua memberikan motivasi kepada masyarakat agar menjadi contoh tauladan Sultan kita dalam perjuangannya untuk Indonesia dan Siak," sebutnya.

Senada dengan itu, Plt Bupati Siak H. Alfedri juga mengatakan dilaksanakan kegiatan ini bertujuan sebagai momentum untuk mengingat kembali atas jasa jasa yang telah diberikan oleh Sultan Siak kepada Negri ini serta kepada NKRI dalam membantu perjuangan pada masa kemerdekaan dahulu.

Selain itu lanjut Alfedri, hendaknya resum keluarga Sultan selaku generasi penerus sebagai pemimpin harus menjaga amanah yang telah dititipkan oleh Sultan Siak. Dengan adanya peringatan Haul Sultan Siak ini setidaknya terjalin kembali tali silaturahmi serta dijadikan momentum sebagai mengulang mengingat kembali sejarah Siak ini.

"Mari kita doakan bersama sama kepada Sultan Siak kita yang begitu besar jasanya hingga bisa kita nikmati sampai saat ini. Pada saat ini kami juga mengupayakan untuk melestarikan apa saja yang telah menjadi peninggalan Sultan Siak, sehingga siak sudah ditetapkan menjadi kota wisata," ujar Alfedri.

Alfedri berharap semoga dimasa yang akan datang negri ini menjadi berkembang dengan berbagai program, baik 1000 penghafal alquran serta mengembangkan bidang keagamaan islam dengan peradaban melayu. (man)

 


Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait