Home / Sosial / Dana Zakat Ringankan Beban Kaum Duafa di Lubuk Dalam

Dana Zakat Ringankan Beban Kaum Duafa di Lubuk Dalam

Dana Zakat Ringankan Beban Kaum Duafa di Lubuk Dalam
Man oketimes.com
Wakil Ketua I Baznas Kabupaten Siak Samparis Bin Tatan mengatakan, pendistribusian Zakat di Kampung Sialang Palas Kecamatan Lubuk Dalam Jumat lalu, merupakan tahap 1 tahun 2018 ini.

Siak, Oketimes.com - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Siak, serahkan Zakat Mal kepada 128 orang Mustahik di Kecamatan Lubuk Dalam. Penyerahan zakat ini untuk membantu meringangankan beban kaum duafa yang ada di Kecamatan Lubuk Dalam. Proses penyerahan zakat berlangsung di Mesjid Almuhajirin Kampung Sialang Palas Kecamatan Lubuk Dalam pada Jumat 13 April 2018.

Wakil Ketua I Baznas Kabupaten Siak Samparis Bin Tatan mengatakan, pendistribusian Zakat di Kampung Sialang Palas Kecamatan Lubuk Dalam Jumat lalu, merupakan tahap 1 tahun 2018 ini.

Adapun jumlah Mustahiq yang menerima Zakat sebanyak 128 orang, untuk pola kosumtif berjumlah 97 orang. Dengan total jumlah dana yang di salurkan sebesar Rp 97 juta. Sedangkan penyaluran Zakat pola usaha Produktif berjumlah 31 orang dengan total dana yang disalurkan sebesar Rp.133.500.000.

Penyaluran Zakat ini dilakukan dua cara untuk Zakat Kosumtif dibagikan berupa 1 (satu)beras 10 kg, 1 jerigen minyak goreng berat 5 Kg dan 1 tas berisi paket sembako makanan. Sedangkan Zakat produktif berupa satu ekor sapi dan 18 ekor kambing untuk 6 paket.

Namun Zakat produktif belum bisa di bagikan, karena panitia Upz masih menyeleksi nama-nama calon mustahiq penerima ternak, karena dari data yang ada harus di cocokan dengan kondisi ril di lapangan, sehingga penyaluran Zakat tepat sasaran.

"Upaya untuk mengtasi persoalan umat kita sudah menyalurkan Zakat Mal di Kecamatan Lubuk Dalam kepada 128 Mustahiq, harapan kita dengan bantuan yang di berikan dapat bermanfaat bagi para mustahiq," ujarnya.

Sedangkan untuk Zakat produktif di Lubuk Dalam lanjut Samparis, sangat di Favoritkan oleh warga karena, karena bagi warga yang memenuhi kreteria Baznas Siak, di beri modal usaha kambing ternak per satu kepala keluarga sebanyak 3 ekor. Total keseluruhan dana Zakat disalurkan berjumlah Rp. 230.500.000.

Kata Samparis lagi, dirinya mengapresiasi kerja pengurus Upz Kecamatan Lubuk Dalam dari 14 Upz yang ada Sekabupaten Siak hanya Upz Kecamatan Lubuk Dalam pengumpulan jumlah Zakatnya terbesar.

Sedangkan Kampung terbanyak pengumpulan zakatnya di Kecamatan Lubuk Dalam ada di Kampung Sialang Palas ini. Pengumpulan Zakat Mal ini dimulai dari bulan Januari sampai dengan akhir Maret 2018.

"Kita apresiasi Upz Kecamatan Lubuk Dalam, karena pengurusnya selalu memberikan pemahaman tentang peningnya membazar Zakat kepada masyarakat, ini patut dipertahankan. Saya berharap masyarakat Lubuk Dalam lebih bersemangat lagi dalam membayar Zakat, dari Zakat kita keluarkan tepat pada waktunya akan  salurkan kembali bagi masyarakat yang membutuhkan," pungkas Samparis.

Sementara itu, Camat Lubuk Dalam T. Indraputra mengatakan, berzakat merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim yang sudah sampai nisafnya, Wajib di keluarkan zakatnya. Baik itu zakat Mal, Perkebunan dan juga perternakan.

Selaku pemimpin dirinya berkewajipan menyampaikan kepada masyarakat gerakan Zakat ini. Indra menghimbau kepada Upz Kampung dan Upz Mesjid agar bersama sama memberikan pemahaman kepada warga yang pelum membayar Zakat.
 
"Kita masih ingin pendapatan Zakat di Kecamatan Lubuk Dalam ini setiap tahun terus mengalami peningkatan. Karena potensi zakat disini cukup besar, saat ini penerimannya belum maksimal, masih banyak juga orang orang kaya muslim yang belum bayar Zakat," ulasnya.

Ia menyebutkan masyarakat  disini banyak yang bermata pencaharian usaha atau pedagang, Perkebunan, Pertanian, dan Ternak sedangkan pemasukan Zakat dari ASN hanya sedikit, makanya kita dorong baik Upz Kecamatan, Kampung dan Mesjid agar lebih semangat lagi.
 
Andi berharap kepada mustahiq yang telah menerima bantuan Zakat, barang tersebut dapat di manfaatkan dengan baik, dan jangan lupa senantiasa mendoakan Muzaki yang telah menyalurkan zakatnya.

Agar bertambah kaya dan berkah hartanya. Serta bersama sama mendoakan orang kaya yang belum membayar Zakat, agar mereka senantiasa di berikan hidayah oleh ALLAH Taallah sehingga mereka tergerakan hatinya untuk membayar Zakat. (man)

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.