Home / Hukrim / Minta Usut Dugaan Korupsi APBD Siak, Puluhan Mahasiswa Datangi Ditreskrimsus Polda Riau

Minta Usut Dugaan Korupsi APBD Siak, Puluhan Mahasiswa Datangi Ditreskrimsus Polda Riau

Minta Usut Dugaan Korupsi APBD Siak, Puluhan Mahasiswa Datangi Ditreskrimsus Polda Riau
Humas Polda Riau For oketimes.com
Puluhan Mahasiswa yang mengatas namakan Aliansi Mahasiswa Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Riau, melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Dit Reskrimsus Polda Riau di Jalan Gajah Mada Pekanbaru, Senin (4/12/2017) siang.

Pekanbaru, Oketimes.com - Puluhan Mahasiswa yang mengatas namakan Aliansi Mahasiswa Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Riau, melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Dit Reskrimsus Polda Riau di Jalan Gajah Mada Pekanbaru, Senin (4/12/2017) siang.

Dalam aksi tersebut, mahasiswa mendesak aparat penegak hukum, khususnya Kapolda agar mengusut tuntas dugaan kebocoran anggaran APBD kabupaten Siak, senilai ratusan miliar APBD Siak sejak tahun anggaran 2013 sampai dengan 2015 silam.  

Selain itu, mereka juga mendesak seperti aparat penegak hukum baik itu KPK, Polri, dan Kejati Riau untuk merespon aduan masyarakat tentang dugaan penyimpangan-penyimpangan yang terjadi dalam pengelolaan APBD kabupaten Siak.  

Tak sampai disitu, Mahasiswa itu juga mendesak lembaga penegak hukum untuk mengusut dugaan keterlibatan istri dari bupati siak lbu Hj. Misnarni Syamsuar terkait dugaan dalam pengendalian beberapa proyek di Satker Pemkab Siak seperti proyek peningkatan ruas jalan pada pada tahun 2012 dan 2014.

Dimana dalam dugaan tersebut, diindikasikan ruas jalan dan jembatan Sungai Rawa menuju Tanjung Pal, telah terjadi mark-up pada pembuatan Base B dan Aspal curah.  

Menuntut penegak hukum menindak Ianjuti temuan BPK RI yang menyatakan adanya kelebihan bayar yang dilakukan SKPD kepada rekanan dugaan penyimpangan SPPD yang mencapai kurang lebih Rp100 miliar.

Terpisah, Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo, SIK, MM saat dikonfirmasikan Senin malam, membenarkan adanya aksi demo Mahasiswa tersebut yang mendatangi Kantor Ditreskrimsus Polda Riau, guna menuntut upaya penegakan hukum menyangkut dugaan korupsi APBD Siak 2013 hingga 2015 ke Mapolda Riau.

"Iya benar, mereka datang ke Ditreskrimsus, guna menyampaikan tuntuntan Mahasiswa atas dugaan korupsi APBd Siak," ujar Guntur singkat. (ars)          

 

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.