Home / Serba Serbi / Soal Pemungutan Retribusi Sampah, Lurah Padang Terubuk Kirim Hak Jawab Lewat Media Ini

Soal Pemungutan Retribusi Sampah, Lurah Padang Terubuk Kirim Hak Jawab Lewat Media Ini

Soal Pemungutan Retribusi Sampah, Lurah Padang Terubuk Kirim Hak Jawab Lewat Media Ini
disediakan oketimes.com
Surat hak jawab Lurah Padang Terubuk yang dikirim ke email redaksi: www.oketimes.com, Senin (4/12/2017).

Pekanbaru, Oketimes.com - Terkait pemberitaan dugaan penyalagunaan wewenang yang diduga dilakukan oleh oknum di Keluruhan Padang Terubuk Kecamatan Senapelan Pekanbaru yang dibebankan kepada Ketua RT 04 RW 01 menyangkut soal pungutan Retribusi Sampah.

Lurah Padang Terubuk Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru atas nama Dwi Rahma Purnama Sari, S.Sos, M.Sc melalui surat hak jawab yang dikirimkan ke redaksi www.oketimes.com bernomor : 98/PT-XIII/2017 pada Senin 04 Desember 2017 mengaku merasa keberatan dengan atas pemberitaan yang sempat termuat.

Dimana seusai dengan berita yang di terbitkan pada tanggal 24 November 2017 dengan judul Tolak Retribusi Ganda, Warga Padang Terubuk Bayar Uang Sampah Ke Petugas THL, Warga Enggan Bayar Uang Sampah, Honor RT tak Dibayarkan Lurah, Lurah Padang Terubuk Sebut Retribusi Sampah Tanggungjawab RT dan terbitan tanggal 03 Desember 2017 dengan judul Walikota Pekanbaru : Retribusi Sampah dikelola Dinas LHK, Selain itu Ilegal.

Menurut Lurah Padang Terubuk, keempat judul berita yang diterbitkan media ini, menyebutkan bahwa pemberitaan tersebut tidak melakukan konfirmasi atau klarifikasi dan berita yang diterbitkan bersifat mecemarkan nama baik selaku Lurah dan yang menyebutkan berita yang diterbitkan tidak sesuai dengan fakta yang ada.

Selain itu, Lurah Padang Terubuk juga menerangkan beberapa poin soal kewenanganya dalam melakukan
pengelolaan dan pemungutan biaya retribusi sampah diwilayahanya, antara lain:  

1. Surat Keputusan Lurah Nomor : 21/KPTS-PT/IX/2015 tanggal 29 Oktober 2015 tentang Pengurus LKM PMB-RW KAPITOL RW 01 Periode 2015 – 2018 dengan Kepengurusan Koordinator LKM PMB-RW KAPITOL RW 01 atas nama INDRA LEONARDO.

2. Perjanjian Kerja Sama Antara Dinas Kebersihan Dan Pertamanan Kota Pekanbaru dengan Lembaga Keswadayaan Masyarakat Berbasis Rukun Warga (LKM PMB-RW) Nomor : 100/PKS/VIII/2016/76, Nomor : 147/RW.01 – KPT/SEP/2016 tanggal 31 Agustus 2016 antara Plt. Kepala Dinas Kebersihan (H. ZULKIFLI HARUN, ST, MP) dan Ketua Koordinator LKM PMB-RW KAPITOL RW 01 (INDRA LEONARDO)

3. Berita Acara tanggal 17 November 2016 DLHK dengan LKM PMB-RW se-Kelurahan Padang Terubuk tentang pembahasan Retribusi Sampah dengan perjanjian :
- Menyerahkan Surat Perjanjian Kontrak LKM PMB-RW se-Kelurahan Padang Terubuk.
- Menyerahkan Potensi Sampah dan Retribusi dimulai dari Bulan Oktober 2016.
- Mempekerjakan Tenaga Harian Lepas untuk Mengangkut sampah yang berada di Gang se-Kelurahan Padang Terubuk.

4. Untuk LKM PMB-RW KAPITOL RW 01 yang menandatangani Berita Acara adalah INDRA LEONARDO.

5. Surat Keputusan Lurah Nomor : 36/KPTS-PT/IV/2012 tanggal 30 April 2012 Tentang Pengesahan Pemberhentian Ketua RT. 004 RW. 001 dan Pengurus serta Pengesahan Pengangkatan Ketua RT.004 RW.001 dan Pengurus Kelurahan Padang Terubuk Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru. Dimana Ketua RT.004 RW.001 adalah INDRA LEONARDO dan Berakhir Masa Jabatannya sampai dengan 30 April 2017.

6. Surat Undangan Rapat Kepada LKM PMB-RW se-Kelurahan Padang Terubuk Tanggal 22, 23 Februari 2017 yang dihadiri oleh LKM PMB-RW se-Kelurahan Padang Terubuk Kecuali LKM PMB-RW KAPITOL RW 01 (INDRA LEONARDO).

7. Surat Lurah Nomor : 10/PT-III/2017 Tertanggal 03 Maret 2017 perihal Surat Panggilan Kepada Ketua Koordinator LKM PMB-RW KAPITOL RW 01 untuk dapat menjelaskan permasalahan pemungutan Retribusi Sampah di Wilayah RW. 001 dan juga tidak dihadiri oleh Ketua Koordinator LKM PMB-RW KAPITOL RW 01 (INDRA LEONARDO).

8. Rapat tanggal 26 April 2017 dimana dalam rapat tersebut yang dihadiri oleh Ketua RW.001 beserta RT yang membahas tentang permasalahan setoran Retribusi Sampah yang belum di setorkan dan bagaimana pertanggungjawaban dari Ketua Koordinator LKM PMB-RW 01 (INDRA LEONARDO).

Dalam rapat tersebut dilaporkan oleh masing-masing RT di RW.001 bahwa Retribusi sampah telah di pungut dan diserahkan kepada Ketua Koordinator LKM PMB-RW KAPITOL RW 01 (INDRA LEONARDO).

9. Sampai saat ini Ketua Koordinator LKM PMB-RW KAPITOL RW 01 (INDRA LEONARDO) tidak pernah menyerahkan Retribusi Sampah yang telah diserahkan oleh pemungut Retribusi Sampah (RT di RW. 001).

Dengan alasan tersebut diatas, Lurah Padang Terubuk meminta kepada Pimpinan Redaksi Oketimes.com, agar menerbitkan Hak Jawab ini.

Demikian Surat Hak Jawab ini disampaikan Lurah Padang Terubuk Kecamatan Senapelan Pekanbaru kepada redaksi oketimes.com, ditandatangani Dwi Rahma Purnama, S.Sos, M.Sc NIP.19701101 200501 2008.

Tembusan juga disampaikan kepada Yth, Dewan Pers, Walikota Pekanbaru dan  Serikat Media Syber Indonesia (SMSI) DPD Propinsi Riau.

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.