Home / Peristiwa / Sempat Rusak, Pengerasan Jalan Cenaku Kecil Kini 'Mulus'

Sempat Rusak, Pengerasan Jalan Cenaku Kecil Kini 'Mulus'

Sempat Rusak, Pengerasan Jalan Cenaku Kecil Kini 'Mulus'
Zul.A.P
Kondisi Badan Jalan di Desa Cenaku Kecil Kecamatan Batang Cenaku, Riau, setelah diperbaiki rekanan.

Rengat, Oketimes.com - Tingginya curah hujan selama beberapa pekan terakhir ini di Indragiri Hulu, Riau, mengakibatkan pelaksanaan sejumlah proyek pembangunan jalan melalui dana Alokasi Dana Desa (ADD) APBN menjadi kendala, salah satunya di Desa Cenaku Kecil Kecamatan Batang Cenaku.

Anggota BPD Desa Cenaku Kecil, Thamsir (32) kepada awak media ini Senin (4/12/17) mengatakan, pekerjaan pengerasan badan jalan di RT 05 RW 03 Dusun Lubuk Tanah Liat Desa Cenaku Kecil sudah mulai dikerjakan sejak Juli 2017, dengan panjang 2 KM lebar 4 meter dengan ketebalan 15 cm berpagu anggaran senilai Rp.242.866.000.

Menurut Thamsir, Pelaksanaan proyek dikerjakan oleh kontraktor CV Joha Perkasa yang dipimpin Suwarno warga Belilas, Seberida dengan waktu pelaksanaan selama 30 hari kerja.

"Proyek tersebut sudah selesai sejak di akhir Agustus 2017 lalu, lantaran akibatkan curah hujan yang cukup tinggi dan badan jalan rutin di lintasi sejumlah truk kelapa sawit mengakibatkan kondisi badan jalan menjadi rusak," ujarnya.

Menurut Thamsir, kerusakan pada titik badan jalan itu ada di tiga titik, khususnya yang terparah di posisi pertengahan bagian bawah (Legokan), hingga membuat terkendalanya sejumlah angkutan untuk melintas.

Tepatnya hari ini Senin (4/11/2017), semua titik badan jalan yang mengalami kerusakan itu, sudah diperbaiki dengan memasangkan gorong gorong pada titik terparah. Sedangkan dua titik lainnya cukup dengan cara membuang semua lumpur yang ada, selanjutnya menimbun ulang dengan pasir batu (Sirtu).

Sebagaimana yang dilaporkan masyarakat Cenaku Kecil terkait adanya kerusakan badan jalan yang baru dibangun itu, sifatnya kritikan membangun dan disikapi secara positif oleh aparat Desa Cinaku Kecil, sehingga control social dari kalangan masyarakat cukup baik meskipun di pedesaan.

Kepala Desa Cenaku Kecil, Ahmad Yani saat dikonfirmasi awak media ini (4/11/17) menyebutkan Dana ADD-APBN untuk pembangunan infrastruktur TA 2017 sebesar Rp.767.377, antara lain pengalokasiannya untuk pembangunan pengerasan badan jalan yang 2000 m itu senilai 242.866.000, pembangunan semenisasi yang 200 m senilai Rp.72 juta, dan pembangunan semenisasi yang 183 m senilai 81 juta.

Ahmad Yani yang juga didampingi M Amin selaku Ketua TPK Desa Cenaku Kecil ini, atas musyawarah masyarakat Desa Cenaku Kecil bersama perangkat Desa hingga semua tokoh masyarakat yang ada, dilakukan pembalian 1 unit mobil Ambulance merk Hylux senilai 351.150 juta, sehingga dana ADD-APBN itu masih silva sebesar Rp.18 juta untuk dibuatkan APBDes Perubahan tahun berikutnya.

Dijelaskan Ahmad Yani lagi, sebagaimana kondisi badan jalan di 2000 m itu ada terdapat kerusakan yang tidak begitu vatal, kini semuanya sudah diperbaiki, dengan memanggil kembali kontraktornya CV Joha Perkasa pimpinan Suwarno, saat ini kondisinya sudah membaik dan tidak ada kendala lagi untuk dilalui.

Aktivis Topan-RI, Aferian Ndraha membenarkan bahwa kondisi badan jalan di 2000 meter tersebut, kini tengah diperbaiki dan sudah tidak ada kendala lagi. "Sekarang semua kendaraan sudah dapat melalui jalan yang sudah diperbaiki tersebut," sebutnya. (zul)

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.