Home / Peristiwa / Tuntut Ganti Rugi Tanaman Sawit, Puluhan Warga Sakai Bumbung Turun Ke D-30 Lahan Chevron

Tuntut Ganti Rugi Tanaman Sawit, Puluhan Warga Sakai Bumbung Turun Ke D-30 Lahan Chevron

Tuntut Ganti Rugi Tanaman Sawit, Puluhan Warga Sakai Bumbung Turun Ke D-30 Lahan Chevron
JR
Puluhan warga Sakai mendatangi lahan D 30 milik PT. Chevron, guna menuntut dari pihak Chevron segera membayarkan ganti rugi tanaman warga Desa Bumbung Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis, Senin (4/12/2017).

Bathin Solapan, Oketimes.com - Puluhan massa dari Suku Asli Sakai Bumbung mendatangi lokasi PT. Chevron Pacific Indonesia di lahan D-30 wilayah Desa Bumbung, Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis, Senin (4/12/2017).

Kehadiran warga tersebut, guna menuntut  pihak Chevron agar membayarkan ganti rugi lahan seluas 351 hektar yang selama ini dikelola oleh pihak PT Murini.

"Kami hadir dilapangan ini, tak lain untuk menyuarakan tuntutan pembayaran ganti rugi tanaman yang telah disepakati pada tahun 2004 silam di kantor Gubernur Riau," kata Koordinator aksi Andika Sakai saat di lokasi demo.

Menurut Andika Sakai, kesepakatan itu terdapat pada point ke lima yang berbunyi "Apabila PT. CPI akan menggunakan lahan tersebut, maka akan membayar ganti rugi tanaman yang berusia di atas 6 tahun," terang Andika.

Ditambahkannya, sejauh ini tanaman para petani Suku Sakai di lahan seluas 351 hektar tersebut, terdapat sebanyak 36.100 batang sawit agar seluruhnya harus diganti rugi.

"Kita berikan tenggang waktu 1 minggu, apabila tidak ada kejelasan, kami atas nama suku Sakai akan menduduki lahan tersebut dan membuat perkemahan di areal lahan itu," pungkasnya. (JR)

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.