Home / Peristiwa / Warga Jalan Aski Aris Rengat, Ancam Tutup Akses Jalan Truk CPO

Warga Jalan Aski Aris Rengat, Ancam Tutup Akses Jalan Truk CPO

Warga Jalan Aski Aris Rengat, Ancam Tutup Akses Jalan Truk CPO
Zul.A.P
Salah satu truk tangki angkutan CPO milik Johor dari PT Sumber Kencana (SK) yang melintas diatas badan jalan sepanjang aliran Sungai Indragiri atau tepatnya di Desa Sei Beringin Kecamatan Kuala Cenaku, Inhu, Riau.

Rengat, Oketimes.com - Masyarakat yang berdomisili di sepanjang Jalan Aski Aris Rengat, berencana akan memblokir jalan khusus buat truk angkutan Cruide Palm Oil (CPO). Pasalnya kondisi badan jalan sudah sangat memprihatinkan alias rusak parah.

Diperkirakan sekitar ratusan truk tangki bermerk SK (Sumber Kencana) milik pengusaha Johor di Rengat, mengangkut CPO setiap harinya dengan kapasitas muatan 30 ton – 40 ton per truck tangki, untuk dilansir ke pelabuhan regional di Teluk Bagus Kab Inhil.

Sedangkan kemampuan ketahanan sumbu badan jalan hanya 8 ton per truk dengan kelas IIIB status jalan Propinsi, di sejumlah ruas badan jalan pada kawasan Rengat – Kuala Cenaku hancur. Bahkan longsor dan rubuh ke sungai Indragiri, sebab posisi badan jalan di kawasan itu persis disisi sungai Indragiri.

Demikian dipaparkan sejumlah warga masyarakat Jalan Aski Aris Rengat dan masyarakat Desa Sei Beringin menuturkan kepada awak media ini Jumat (13/4/2018) di Rengat.

Kondisi badan jalan yang seperti ini, tidak boleh dibiarkan dan harus diambil suatu tindakan, antara lain melakukan penyetopan setiap jenis truk tangki angkutan CPO, sebut warga yang enggan disebutkan namanya karena takut nantinya akan diancaman dari pihak pemilik truck.

Ironisnya dari pihak yang berkompoten seperti Pemkab Inhu maupun dari Dishub Inhu tidak memperdulikan porak porandanya badan jalan akibat diluluhlantakkan truck angkutan CPO yang bermuatan sekitar 30 ton – 40 ton per truk tangki.

Keterangan yang berhasil dihimpun awak media ini baik di sekitaran jalan Aski Aris maupun di kawasan Sei Beringin, Kuala Cenaku, Inhu, warga yang berdomisili di sepanjang jalan Aski Aris akan serentak bergerak untuk menutup akses jalan Aski Aris khusus terhadap angkutan CPO.

Artinya, ujar tokoh masyarakat Aski Aris paroh baya itu, sebelum kondisi badan jalan diperbaiki oleh Johor selaku penanggungjawab angkutan CPO yang melintas di jalan Aski Aris Rengat itu, maka semua truk angkutan CPO dilarang melintas. Hal itu dilakukan, agar kondisi badan jalan tidak beralih fungsi menjadi lahan persawahan.

Dirut PT Sumber Kencana (SK) Rengat, Johor dikonfirmasi melalui sms di HP nya Jumat (13/4/2018) mengatakan, agar Wartawan menghubungi orang kepercayaannya bernama Reni. Sementara Reni sendiri tidak berkenan mengangkat selulernya meski berulang kali dihubungi awak media ini. (zul)

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.