Home / Hukrim / Rambah Areal PT Diamon Raya Timber, Polres Rohil Amankan Operator dan Alat Berat

Rambah Areal PT Diamon Raya Timber, Polres Rohil Amankan Operator dan Alat Berat

Rambah Areal PT Diamon Raya Timber, Polres Rohil Amankan Operator dan Alat Berat
Humas Polres Rokan Hilir For Oketimes.com
Tersangka RI alias Adi (27) selaku operator alat berat saat diamankan di Mapolres Rokan Hilir, Riau, Rabu malam (29/11/2017) kemarin.

Batu Hampar, Oketimes.com - Masuki lahan tanpa izin dan rambah lahan Kawasan IUPHHK-HA PT. Diamond Raya Timber, seorang operator alat berat dan 1 unit excavator diamankan tim Opnal Satreskrim Polres Rokan Hilir, Riau, Rabu (29/11/2017) sekira pukul 16.30 Wib sore kemarin.     

Pelaku diketahui berinisial Ri alias Adi (27) selaku operator alat berat warga KM 8 Sebanga Duri, Kab. Bengkalis, Riau. Dia diamankan, petugas saat memasuki areal PT Diamon Raya Timber tanpa izin di Kepenghuluan Labuhan Tangga Hilir Kecamatan Batu Hampar Kab. Rohil, Riau.

Informasi yang dirangkum dari Humas Polres Rohil, penangkapan pelaku perambahan diatas lahan milik PT Diamon Raya tersebut, bermula dengan adanya laporan dari karyawan PT Diamon Raya Timber yang masuk ke Mapolres Rohil pada rabu (29/11/2017) pagi.     

Berdasarkan informasi tersebut, Tim Unit II dan Opsnal Sat Reskrim Polres Rohil bersama sama dengan Karyawan PT. Diamond Timber Raya melakukan cek lokasi dan didapati pelaku Ri alias Adi selaku Operator alat berat sedang bekerja melakukan pembuatan kanal diatas laha perusahaan tersebut.

Petugas pun langsung mengamankannya dan langsung membawa pelaku ke Mapolres Rohil untuk dilakukan proses penyelidikan dan penyidikan. Sementara satu unit alat berat merk Sumitomo SH 210 warna Kuning turut di gelendang ke Mapolres Rohil.
 
Pelaku terancam dikenakan pasal 92 ayat (1) huruf a dan b jo Pasal 17 ayat (2) huruf a dan b UU RI Nomor 18 Tahun 2013 Tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan, berdasarkan Laporan
Polisi Nomor : LP.B / 165 /XI/2017/RIAU/Res Rohil Tgl 29 Nopember 2017.

Terpisah, Ir Ganda Mora Direktur Eksekutif Lembaga Independen Pembawa Suara Pemberantas Korupsi, Kolususi, Krimanal Ekonomi Republik Indonesia (IPSPK3-RI) mengapreasiasi penangkapan pelaku perambahan hutan diatas lahan PT Diamon Raya Timber yang dilakukan Tim Satreskrim Polres Rohil tersebut pada Rabu sore (29/11/2017) kemarin.

"Pada intinya kita mengapresiasi langkah yang sudah dilakukan Polres Rohil, untuk menangkap pelaku perambahan diatas lahan PT Diamon Raya Timber itu, dimana lahan tersebut merupakan HPH satu-satunya yang masih bertahan di Riau dan juga tempat perlindungan satwa yang dilindungi seperti Harimau  Sumatra yang dulunya hidup di hutan Senipis," ungkap Ganda Mora.

Selain itu, Ganda Mora berharap segera menangkap pelaku dibalik perambahan tersebut. Dimana pelaku utamanya disebut-sebut salah satu pengusaha yang berasal dari Kota Pinang Provinsi Sumatera Utara. (ars)       

 

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.