Home / Ekbis / Ketua Apkasindo Bantah Lindungi PT Runggu Prima Jaya

Ketua Apkasindo Bantah Lindungi PT Runggu Prima Jaya

Ketua Apkasindo Bantah Lindungi PT Runggu Prima Jaya
int
Ilustrasi

Rengat, Oketimes.com - Ketua Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Kab. Inhu, Emi Rosadi membantah kalau Asosiasi yang dipimpinnya ikut melindungi keberadaan PT Runggu Prima Jaya (PT.RPJ) Peranap, yang selama ini dituding membabat kawasan hutan lindung Bukit Batabuh.

Hal itu disampaikannya kepada awak media ini pekan kemarin, saat menemui di kediamannya bahwa keberadaan Apkasindo di PT Runggu Prima Jaya hanya sebatas mengayomi para petani sawit di perusahaan itu.

Ditanya masalah petani sawit yang diayomi untuk menjadi anggota Koperasi Apkasindo Kab Inhu, sementara pembangunan kebun sawit dibangun PT Runggu Prima Jaya bukan pola KKPA, melainkan hanya sebagai bapak angkat atau plasma, dan diketahui bahwa kondisi PT Runggu Prima Jaya adalah milik pribadi dengan atas nama PT Runggu Prima Jaya.

Emi Rosadi saat itu mencoba untuk berkelit bahwa, yang menjadi anggota Koperasi Apkasindo Kab Inhu adalah petani kelapa sawit yang ada di sekitar kebun PT Runggu Prima Jaya, yang bermitra kerja dengan pihak perusahaan PT Runggu Prima Jaya.

Padahal dari hasil penelusuran awak media ini bahwa, tidak ada sama sekali korelasinya antara petani sawit yang ada di sekitar kebun kelapa sawit yang dikuasai PT Runggu Prima Jaya, Batang Peranap maupun yang di Anak Talang dengan para petani sawit di daerah itu, sehingga keberadaan Koperasi Apkasindo Kab Inhu di PT Runggu Prima Jaya Peranap masih perlu dipertanyakan.

Terkait hal ini, YLBHI/LBH Pekanbaru melalui anggotanya, Rian Sibarani mengatakan, jika Koperasi Apkasindo Kab Inhu, berani memasang badan atas keberadaan PT Runggu Prima Jaya yang sama sekali tidak memiliki perizinan dalam membabat kawasan hutan lindung itu, maka Apkasindo Kab Inhu sendiri akan dilaporkan ke Polda Riau.

Apalagi pembangunan kebun kelapa sawit yang kini dikuasai PT Runggu Prima Jaya selama ini tidak pernah bermitra dengan asosiasi dan atau apapun itu namanya, sekarang kenapa Apkasindo Kab Inhu menyatakan ikut bermitra dengan perusahaan pembabat kawasan lindung itu dengan dalih terhadap petani sawitnya.

"Nanti kami pelajari dulu masalah keberadaan Apkasindo Inhu di PT Runggu Prima Jaya itu," kata Rian Sibarani. (zoel)

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.