Home / Hukrim / 50 Hektar Lahan Terbakar, Tim Gabungan Karhutla Rohil 'Berjibaku' Padamkan Api di Tanah Putih

50 Hektar Lahan Terbakar, Tim Gabungan Karhutla Rohil 'Berjibaku' Padamkan Api di Tanah Putih

50 Hektar Lahan Terbakar, Tim Gabungan Karhutla Rohil 'Berjibaku' Padamkan Api di Tanah Putih
Humas Polda Riau For oketimes.com
Tim gabungan penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan Polres Rokan Hilir, berjibaku memadamkan kebakaran lahan di Kepenghuluan Mamugo Kec. Tanah Putih dan Kepenghuluan Labuhan Papan Kec. Tanah Putih Tanjung Melawan Rohil, Riau, Sabtu 7 April 2018.

Rokan Hilir, Oketimes.com - Tim gabungan penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan Polres Rokan Hilir, berjibaku memadamkan kebakaran lahan di Kepenghuluan Mamugo Kec. Tanah putih dan Kepenghuluan Labuhan Papan Kec. Tanah Putih Tanjung Melawan Rohil, Riau, Sabtu 7 April 2018.

Lokasi kebakaraan tersebut tepatnya berada di wilayah Polsek Tanah Putih dengan koordinate Lat 1,649 Long 101,257 SAT T, Con 87 % dan wilayah Polsek Tanah Putih Tanjung Melawan dengan Koordinate Lat 1,65 Long 101,247T, CON 84 %.

Dengan jumlah titik Api 1 titik dengan lokasi Kep. Mamugo Kec. Tanah Putih yang berbatasan dengan Kep. Labuhan Papan Kec. Tanah Putih Tanjung Melawan dengan luas areal terbakar kurang lebih 50 hektar.

Informasi yang dirangkum dari Kepolisian setempat melalui Bidang Humas Polda Riau, kondisi lahan yang terbakar merupakan lahan gambut dan semak belukar. Sehingga Tim Karhutla Polres Rohil yang terdiri 59 Personel Polri, TNI 10 Personel, Kecamatan 6 orang, Manggala Agni sebbanyak 30 orang, PT Arara Abadi 8 orang dan BPBD 16 orang diturunkan kelokasi guna dilakukan pemadaman Karhutla.

Kepala Bidang Humas Polda Riau KBP Humas Polda Riau Guntur Aryo Tejo SIK MM ketika dikonfirmasikan Minggu (8/4/2018) siang, menyebutkan bahwa kondisi kebakaran lahan di lokasi kebakaran saat ini sudah berhasil dipadamkan tim gabungan.     

Tim gabungan Karhutla tersebut lanjut Guntur, dipimpin Kabag Ops Polres Rohil, Kompol. Antoni L Gaol SH, MH, bersama TNI, BPBD, Polsek Tanah Putih dan masyarakat hingga memasuki hari ke empat ini.  

"Kondisi terahir api sudah padam, namun masih menyisakan asap dibeberapa titik pada permukaan lahan terbakar. Tim tetap berupaya memadamkan dengan memecah pasukan pemadam dengan cara melokalisir nyala api sehingga tidak merambat ke lahan sekitar," terang Guntur.

Adapun upaya yang dilakukan, saat ini tim Gakkum tengah melakukan penyelidikan dan memasang police Line. Sementara peralatan pemadam yang diturunkan untuk memadamkan api, antara lain 2 Unit truk damkar, 2 unit roda empat, 5 Unit Roda dua, 4 unit mesin Shibaura, 6 Unit mesin Mini straiker, 6 Unit mesin Robin dan 16 gulung Selang air.

"Hingga kini, Tim gabungan Karhutla akan terus diturunkan kelokasi hingga api benar benar padam. Namun apabila eskalasi semakin meningkat, maka personel akan ditambahkan lebih banyak lagi," pungkas Guntur. (ars)

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.