Home / Internasional / Partai Besar Zimbabwe Sedia Makzulkan Presiden Mugabe

Partai Besar Zimbabwe Sedia Makzulkan Presiden Mugabe

Partai Besar Zimbabwe Sedia Makzulkan Presiden Mugabe
Reuters
Seorang warga Zimbabwe sedang mengelap mobil yang ditempel poster Presiden Robert Mugabe.

Zimbabwe - Setelah ultimatumnya diabaikan Presiden Zimbabwe, Robert Mugabau, partai berkuasa di negara itu, ZANU-PF, resmi menyatakan proposal pemakzulan.

Juru bicara ZANU-PF, Simon Moyo, seperti dikutip dari Reuters, mengatakan keputusan melancarkan pemakzulan, karena Mugabe tak memenuhi tenggat waktu untuk mundur sendiri dari jabatannya.

Mugabe telah diultimatum ZANU-PF untuk sukarela mundur melakukan pertemuan spesial dan diputuskan bahwa Mugabe diberhentikan dari partai. Selain itu istri Mugabe, Grace, pun dipecat dari partai.

Sementara itu, menghadapi situasi di dalam negeri Zimbabwe, partai oposisi utama, MDC, akan melakukan perteuan spesial pada Selasa (21/11/2017). Diskusi utama pertemuan itu, adalah posisi MDC dalam upaya pemakzulan yang dilayangkan ZANU-PF. Jika MDC setuju, ZANU-PF yang menguasai dua per tiga kursi di parlemen akan mudah memakzulkan Mugabe.

Mugabe telah berkuasa di Zimbabwe sejak 1977 silam. Total, 37 tahun dirinya memegang kekuasaan di Zimbabwe. Mugabe yang kini berusia 93 itu merupakan presiden tertua di dunia.

Selain itu, Mugabe adalah satunya pemimpin Zimbabwe yang memerintah sejak negara itu merdeka dari jajahan Inggris pada 1980.

Dia pun sempat menjadi perdana menteri, Mugabe dilantik sebagai presiden pada 1987. Sejak saat itu, dalam setiap pemilu yang pernah digelar di negara ini, Mugabe selalu keluar sebagai pemenang, menghadapi berbagai tantangan dari kelompok oposisi.***

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.