Tingkatkan Kedisiplinan Laporan Serapan Anggaran, TEPRA Sosialisasi Sismontepra di Bengkalis

Sekda Bengkalis H Bustami HY, ketika berbincang dengan narasumber Agusalim, sebelum Sosialisasi Sismontepra di buka, Rabu, 4 April 2018.

Bengkalis, Oketimes.com – Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA) Provinsi Riau melakukan sosialisasi Sistem Informasi monitoring Tim Evaluasi Pengawasan Realisasi Anggaran(Sismontepra), kepada jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkalis.

Dibuka Bupati Bengkalis Amril Mukminin, diwakili Sekretaris Daerah (Sekda), H Bustami HY, kegiatan tersebut diselenggarakan di ruang rertemuan lantai II kantor Bupati, Rabu, 4 April 2018.

Dalam arahannya Sekda menegaskan bahwa Sismontepra merupakan alat kontrol terhadap pelaksanaan anggaran pemerintah yang dilaksanakan oleh semua OPD dan kecamatan, dengan melaporkan hasil pelaksanaan kegiatannya setiap bulan berbasis online.

"Kami sangat berharap kepada seluruh OPD dan kecamatan serta bagian-bagian, untuk dapat memanfaatkan sosialisasi ini dengan sebaik mungkin, karena hal ini perlu agar disiplin dalam melaporkan anggaran dapat meningkat dan percepatan pembangunan dapat berjalan tanpa permasalahan," ujarnya.

Dengan Sismontepra, lanjut Sekda, diharapkan laporan berbasis online bisa sampaikan tepat waktu. Jika laporan tepat waktu,  maka tim pengendalian akan mudah dan cepat bergerak untuk menyelesaikan dimana terdapat hambatan-hambatan.

Sementera itu, Narasumber Sosialiasi Simontepra Kabupaten Bengkalis Tahun 2018 dari Biro Administrasi Pembangunan, Pengadaan Barang/Jasa Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Agusalim mengatakan, sistem ini merupakan program pelaksananaan perencanaan pembangunan pemerintah.
Tujuannya untuk mengindentifikasi serta mengantisipasi permasalahan dalam proses pengelolaan anggaran.

"Aplikasi ini menjadikan pelaporan realisasi kegiatan lebih cepat, tepat, akuntansi dan realtime. Tentunya sebagai tim Tepra kami tetap harus memberikan pemahaman agar sistem ini dapat berjalan dan diterapkan dengan baik. Tak lain dan tak bukan hanyalah untuk mempermudah mengevaluasi dan bergerak cepat dalam menyelesaikan berbagai hambatan yang terjadi di daerah," jelasnya.

Ia juga menyebutkan dalam setiap pekerjaan, eksistensi laporan itu sangat penting. Bekerja tanpa laporan sama dengan tidak bekerja. Sehingga sangat diperlukan laporan yang akurat dan terpercaya agar serapan anggaran terlaksana dengan baik.***


Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait