Home / Politik / Jelang Rakornas Tiga Pilar, PDI Perjuangan Riau Matangkan Persiapan

Jelang Rakornas Tiga Pilar, PDI Perjuangan Riau Matangkan Persiapan

Jelang Rakornas Tiga Pilar, PDI Perjuangan Riau Matangkan Persiapan
Ist
Kordias Pasaribu, SH, MSi, Ketua DPD I PDI-P Riau.

Pekanbaru, Oketimes.com - Memaknai sekaligus menjalankan ajaran dan cita-cita Presiden Republik Indonesia pertama Ir Soekarno, dalam mewujudkan sebagai bangsa yang berdaulat secara ekonomi.

Kini Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan menggesa program tiga pilar gotong royong, guna membangun konsep kerja dalam menggerakkan roda ekonomi rakyat dalam prinsip berdikari sebagaimana diajarkan Bung Karno.

Demikian disampaikan Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Riau, Kordias Pasaribu, SH, MSi kepada wartawan usai memimpin rapat rutin jajaran pengurus partai berlogo Banteng Moncong Putih itu di Pekanbaru, Sabtu (18/11/2017).

Kordias Pasaribu yang juga Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau juga menyebutkan guna mempersiapkan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) PDI Perjuangan Tiga Pilar Partai dengan Tema "Berdikari untuk Indonesia Raya" dan Sub tema "Ekonomi Gotong Royong Dalam Praktik" yang akan dilaksanakan 15-17 Desember 2017 nanti di Gedung ICE BSD Tangerang Banten.

Menurutnya, dengan dianugerahinya Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri gelar doktor honoris causa di bidang demokrasi ekonomi dari universitas prestisius, Mokpo National University Korea Selatan, beberapa hari lalu, bukti apresiasi bangsa asing kepada ajaran Bung Karno.

"Anugerah itu diberikan kepada Ibu Megawati Soekarno Putri yang juga Presiden ke-5 RI, karena beliau konsisten menyuarakan Pancasila sebagai jalan politik dan ekononomi," ulas Kordias.

Dijelaskannya, pada saat Rakornas nanti akan ada ratusan produk dan karya anak bangsa yang bersumber dari kekayaan negeri ikut dipamerkan. Sesuai dengan tema yang diangkat pada Rakornas Tiga Pilar adalah Berdiri di Atas Kaki Sendiri.

Terkait hal ini, DPD PDI Perjuangan Provinsi Riau sendiri sudah melakukan beberapa pembangunan ekonomi kerakyatan. "Seperti Rumah Pangan Kerakyatan (RPK) di beberapa titik Kota Pekanbaru, juga pembangunan basis-basis petani berupa alat-alat pertanian di Riau.

Karena sesuai dengan arahan DPP, bahwa saat Rakornas nanti berbagai unit usaha tani di sektor perikanan darat, peternakan sapi, holtikultura dan juga usaha kuliner yang telah terbukti sukses di bidangnya. Pengalaman itu, nantinya akan diterapkan kepada para kader dan simpatisan saat pulang ke daerahnya masing-masing.

"Kemampuan para marhaen muda inilah yang kami yakini akan menggerakkan roda ekonomi di daerah mereka masing-masing. Jadi kita tak lagi mendengar cerita kemiskinan dari pelosok-pelosok desa sebagaimana disampaikan pak Mindo Sianipar selaku Ketua Panitia Rakornas," pungkasnya.***

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.