Home / Nasional / Setahun, Satgas Saber Pungli Ungkap 1.316 Kasus di Indonesia

Setahun, Satgas Saber Pungli Ungkap 1.316 Kasus di Indonesia

Setahun, Satgas Saber Pungli Ungkap 1.316 Kasus di Indonesia
int
Ilustrasi

Jakarta - Kepala Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Komjen Pol Dwi Priyatno mengatakan mereka telah berhasil mengungkap 1.316 kasus melalui operasi tangkap tangan (OTT) di berbagai instansi di Indonesia dalam setahun terakhir.

"Itu di seluruh Indonesia, selama kurang lebih setahun sejak Saber Pungli dibentuk," kata Komjen Dwi Priyatno di Jakarta dilansir dari Antara, Minggu (12/11/2017).

Menurut Dwi, kasus-kasus tersebut banyak ditemukan di daerah dibandingkan di pusat. "Banyak di bidang pendidikan, penegakan hukum, perizinan, kepegawaian," katanya.

Dari ribuan OTT kasus pungli tersebut, sebanyak 300 kasus telah divonis pengadilan.

"Yang lainnya masih lidik (penyelidikan), sidik (penyidikan), P19 (berkas belum lengkap), penuntutan," katanya.

Guna menekan terjadinya kasus pungli, pihaknya terus menyosialisasikan pemberantasan praktik pungli kepada masyarakat. Satgas berharap dengan sosialisasi pemberantasan pungli secara rutin, masyarakat berani untuk menolak pungutan liar serta melapor ke polisi bila mengetahui adanya praktik tersebut di lingkungan mereka.

Pemerintah pun saat ini gencar menerapkan sistem dalam jaringan untuk pelayanan publik yang diantaranya e-tilang, e-samsat dan e-paspor demi menekan praktik pungli dalam pelayanan masyarakat.***

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.