Bakamla RI Jaga Keutuhan NKRI Bersama Rakyat

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Ari Soedewo SE MH yang didapuk sebagai nara sumber di hadapan ratusan peserta di Kampus UNU Cirebon, Jumat (20/10/2017).

Cirebon, Oketimes.com - Peran Bakamla RI dalam menjaga Keutuhan NKRI Bersama Rakyat menjadi tema yang digagas pada acara Stadium General Mahasiswa/Santri Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Cirebon.

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Ari Soedewo SE MH yang didapuk sebagai nara sumber menjelaskan hal tersebut secara gamblang di hadapan ratusan peserta di Kampus UNU Cirebon, Jumat (20/10/2017).

Banyak materi seputar keamanan dan keselamatan laut serta potensi kelautan Indonesia yang disampaikan orang nomor satu Bakamla RI tersebut.

Posisi Indonesia yang strategis dalam lalu lintas perdagangan, selain dapat memberikan keuntungan dalam hal meningkatnya perekonomian dan kesejahteraan nasional. Disisi lain memerlukan kewaspadaan terhadap potensi penjarahan SDA, masalah rawan sengketa dengan negara tetangga, serta kemungkinan terjadinya degradasi budaya, demikian ditekankannya kepada para generasi muda.

Diingatkannya juga, samudera, laut, selat, dan teluk adalah masa depan peradaban bangsa Indonesia. Melalui visi Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia yang digulirkan Presiden Jokowi, seluruh komponen bangsa harus bekerja sekeras-kerasnya untuk mengembalikan Indonesia sebagai negara maritim.

"Keamanan laut merupakan bagian yang sangat vital bagi terwujudnya strategi pertahanan sekaligus kontribusi bagi penyelenggaraan keamanan dan penegakan hukum di laut," ujarnya.

Oleh karena itu, Bakamla RI bersama instansi dan komponen bangsa lainnya bersinergi untuk menjaga keamanan laut Indonesia dari para penjarah, dari pelaku kejahatan lintas negara, serta menjaga keamanan perbatasan juga.

Laksdya Ari berharap apa yang disampaikannya  dapat memberikan wawasan dan pemahaman yang lebih baik bagi seluruh peserta acara, khususnya generasi muda NU, sehingga dapat berkontribusi positif dalam menjawab tantangan yang ada demi kemajuan bangsa.

Menurut Ketua Dewan Pembina Yayasan Cahaya Putra Bangsa UNU Cirebon, KH. Eman Suryaman, pada acara ini UNU Cirebon menggandeng Bakamla RI karena peserta acara yang terdiri dari mahasiswa UNU, siswa SMK Presiden, Anshor serta jajaran pengurus NU membutuhkan pemahaman yang mendalam tentang territorial laut Indonesia.

Katanya lagi, sebagai bagian dari anak bangsa, UNU bertanggungjawab secara moral untuk turut menjaga NKRI termasuk kedaulatan lautnya.

Turut hadir mendampingi Kepala Bakamla RI yaitu Kepala Biro Umum Laksma TNI Suradi AS, ST, S.Sos, MM dan Kepala Pangkalan Armada Kamla Zona Timur Kolonel Laut (P) Edi Eka Susanto.***

Sumber : Bakamla RI


Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait