Rajin Komsumsi Madu, Khasiatnya Banyak Lho

Ilustrasi

Oketimes.com - Banyak orang menggunakan madu sebagai antibakteri dan antijamur. Madu dikenal dapat mengurangi pertumbuhan bakteri dan sifat antioksidannya membantu menghilangkan radikal bebas.

Madu memang punya begitu banyak manfaat karena memiliki kandungan dengan vitamin, trace enzym, asam amino dan mineral seperti kalsium, besi, sodium klorida, magnesium, fosfat, dan potassium.

Dengan sejuta manfaat ini, Anda tak lagi memerlukan alasan untuk tidak mulai memgonsumsi madu setiap hari. Ingin tahu, apa yang terjadi pada tubuh jika Anda mengonsumsi madu setiap hari? Berikut daftarnya, seperti dilansir Boldsky:

1. Membantu turunkan berat badan

Gula yang ada dalam madu memiliki komposisi yang berbeda dengan yang ada pada pemanis lainnya. Madu dapat meningkatkan metabolisme yang membantu menurunkan berat badan. Inilah salah satu manfaat kesehatan terbaik dari madu.

2. Tingkat kolesterol rendah

Madu tidak mengandung kolesterol, sebaliknya justru mengandung vitamin yang berkontribusi menurunkan kadar kolesterol. Konsumsi madu dalam keseharian memiliki efek menguntungkan pada senyawa antioksidan dalam tubuh, yang bisa melawan kolesterol berlebih.

3. Jantung yang lebih kuat

Penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan yang terkandung dalam madu dapat mencegah arteri dari penyempitan. Penyempitan ini dapat menyebabkan gagal jantung, kerusakan memori atau sakit kepala. Minum segelas air putih dengan beberapa sendok madu akan membantu mencegahnya.

4. Ingatan yang lebih baik

Penelitian telah menunjukkan bahwa kemampuan madu untuk melawan stres, mengembalikan sistem pertahanan antioksidan selular dan sebagai hasilnya meningkatkan daya ingat.

5. Untuk tidur yang lebih baik

Gula yang terkandung dalam madu meningkatkan kadar insulin dalam darah yang mengurangi kadar serotonin. Serotonin selanjutnya berubah menjadi melatonin, hormon yang mempromosikan kualitas tidur. Inilah salah satu manfaat konsumsi madu setiap hari.***


Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait